Sepeninggalan vokalis Sammy Simorangkir, band indonesia kerispatih kini kehilangan pamornya
Sepeninggalan sang vokalis Sammy Simorangkir, kerispatih kini kehilangan pamornya (foto: topilintas.com)

DOMIGADO – Pernah terkenal dan dielu-elukan para fans, tidak menjamin sebuah band Indonesia akan bertahan. Menjadi band indonesia yang terkenal nampaknya belum bisa menjadi jaminan bahwa band tersebut akan terus eksis. Sebagian besar band dipandang juga karna kepiawaian sang vokalis dalam membawakan lagu dengan gaya khas mereka masing-masing.

Seiring berjalannya waktu, sudah menjadi hal biasa bahwa beberapa band Indonesia mengalami perombakan personil, bahkan vokalis yang menjadi ujung tombaknya pun turut hengkang dari band yang bisa dikatakan memiliki nama besar. Sayangnya, sepeninggalan vokalis, beberapa band malah hampir tak setenar dulu lagi.

Berikut adalah daftar 5 band Indonesia yang kehilangan pamor sepeninggalan vokalis, yang berhasil tim Domigado.com lansir dari berbagai sumber.

1. Kerispatih Band

Siapa yang tak kenal Kerispatih. Suara merdu Sammy Simorangkir dipadu dengan lagu-lagu bertema cinta gubahan Badai membuat band yang terbentuk pada 21 April 2003 itu begitu disukai. Hampir setiap lagu yang ditelurkan Kerispatih berhasil menapaki tanggal lagu baik di radio mau pun TV nasional. Singkatnya, Kerispatih menjadi salah satu band yang sangat disukai dan memiliki jutaan penggemar.

Namun semua itu seakan berubah setelah Sammy dipecat akibat tertangkap karena kasus narkoba pada 2 Februari 2010. Posisi Sammy diganti oleh Fandy Santoso yang merupakan jebolan Indonesian Idol 2007. Tak lama setelah ditinggal Sammy, Kerispatih merilis album Kerispatih and Friends pada 2010. Di album ini, untuk pertamakalinya Fandy membawakan lagu Kerispatih berjudul Tertatih.

Lagu ini sangat baik sebenarnya, namun karena citra Kerispatih masih melekat dengan Sammy, lagu ini pun tidak terlalu meledak. Pada 2013, Kerispatih kemudian merilis album Melekat di Jiwa. Sayang, lagu ini pun kurang mendapat sambutan. Kini Sammy pun fokus mendulang pundi-pundi rupiah dengan solo karir.

2. Band Cokelat

Band Cokelat dengan Kikan sebagai vokalis menjadi band rock yang mencuri perhatian ketika merilis album perdana berjudul Untuk Bintang pada tahun 2000 dengan hits single Pergi. Suara Kikan yang khas membuat band Cokelat yang saat itu beranggotakan Ervin (drum), Edwin (gitar), Ronny (bass), Roberto Pieter (gitar) menjadi cepat digemari. Sukses dengan album perdana, Cokelat kemudian merilis album kedua pada 2001 berjudul Rasa Baru.

Album ke dua ini semakin menancapkan Cokelat sebagai band yang digilai para remaja kala itu. Single seperti Karma, Jauh dan Luka Lama meledak dan membuat Cokelat mendapat banyak penghargaan. Namun sayang, sang gitaris, Robert Pieter tak terlibat di album ini. Setelah mengeluarkan delapan album, pada 2010 Kikan dan Ervin memutuskan hengkang dari Cokelat.

Kabarnya, jadwal yang terlalu padat membuat Kikan dan Ervin tak bisa lagi sejalan dengan Cokelat. Cokelat pun kemudian melakukan audisi untuk pengganti Kikan dan mereka sepakat memilih Sarah Hadju sebagai vokalis baru cokelat. Sarah Hadju merupakan jebolan Indonesian Idol 2007. Namun tak lama, atau tepatnya pada 19 Desember 2011, Sarah mengumumkan mundur karena alasan tidak cocok dengan Cokelat.

Posisi Sarah Hadju kemudian digantikan oleh Jackline Rossy alias Jackline. Bersama Jackline, Cokelat telah merilis single Hidup Ini Cinta, #Like, dan Sesal. Namun sayang, lagu tersebut tak terdengar, Cokelat pun semakin menghilang.

3. Drive Band

Tak bisa dipungkiri, Anji adalah salah satu penyanyi pria terbaik di Tanah Air. Nama Anji pertama kali dikenal saat menjadi vokalis band Drive. Suara khas Anji sudah sangat melekat dengan grup band ini. Walau demikian, Anji sepertinya tidak bisa bertahan di band tersebut dan memilih hengkang. Dimulai dengan single Bersama Bintang dalam album Esok Lebih Baik (2007) Drive menjadi salah satu band indonesia pendatang baru yang mencuri perhatian.

Namun konflik terjadi di tubuh Drive dan setelah menelurkan tiga buah album, Anji memilih hengkang pada 2010. Anji memilih bersolo karier dengan merilis single Dan Ternyata Cinta yang sempat dipopulerkan Band Padi. Setelah ditinggalkan Anji, Drive menemukan vokalis baru bernama Umaru Takaeda.

Sambil memperkenalkan Takaeda, Drive merilis album Cahaya Terang (2011). Namun sayang, album ini tak sesukses tiga album Drive sebelumnya ketika masih bersama Anji. Tak genap setahun, Takaeda memilih hengkang dari Drive. Kini, posisi vokalis Drive dipercayakan kepada Tirta Adilla yang karakter suaranya mirip dengan Anji.

Bersama Tirta, Drive sudah merilis tiga buah single, Tepat Menemukanmu, Senyum dan Tangis dan Mungkin Dia Lelah. Namun setelah ditinggal Anji, nama Drive jarang terdengar. Kini Anji sukses bersolo karir dan menjadi seorang Youtuber yang patut diperhitungkan. Baru-baru ini, Anji tengah bermasalah dengan salah satu personel band Dadali karena postingan kontennya di Youtube. Sempat berseteru hingga mendapat ancaman akan dilaporkan ke pihak berwajib, perseteruan ini berakhir dengan damai karena permintaan maaf dari kedua belah pihak.