DOMIGADO – Pandemi virus corona menjadi salah satu tragedIbesar kemanusiaan global. Hingga saat ini, lebih dari 2 juta orang terjangkit virus ini, serta lebih dari 1500an diantaranya meninggal dunia. Namun, ditengah kepiluan ini ada secercah cahaya yang dihadirkan oleh musisi Indonesia. Apakah yang dilakukan musisi Indonesia ditengah pandemi?

Mereka tertantang untuk tetap berkreativitas serta menghibur masyarakat Indonesia. Rangkain syair dan nada yang disuguhkan menjadikan lagu-lagu yang menebar optimisme di tengah pandemi corona. Hal ini seolah-olah telah menjadi pencerah jiwa, juga bentuk kepedulian para musisi atas pandemi corona di Indonesia.

Fenoma ini mempertegas bahwa jiwa seniman tidaklah bisa dikekang. Bahkan saat pemerintah menghimbau untuk tetap di rumah, mereka tetap “bersuara” lantang. Sejumlah musisi membuat lagu corona dengan syair lagu yang mengedukasi dan mengajak bersikap optimistis. Berikut adalah deretan musisi Indonesia yang menciptakan lagu bertema corona.

Project Pop

Project Pop gara gara corona

Project Pop, pada akhir Maret merilis “Gara-gara Corona” yang merupakan parodi lagu mereka sendiri “Gara-gara Kahitna” (2013). Lagu ini dikemas riang dengan canda tawa khas mereka, namun tetap mengedukasi dengan mengajak pendengar lagu untuk tetap di rumah, menjaga kesehatan, kebersihan, dan harus selalu gembira.

Bimbo

Bimbo menciptakan lagu Corona

Tak mau kalah, grup musik legendaris yang kerap menyanyikan lagu-lagu religi Bimbo juga berkreasi mengangkat tema corona. Lagu berjudul “Corona” itu ditulis oleh Syam Bimbo, Acil Bimbo, dan Jaka Bimbo. Menurut Bimbo lagu tersebut dibuat khusus untuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Ternyata lagu itu sudah tersebar di media sosial, dan sempat viral karena mereka dianggap sudah memprediksikan bencna ini bertahun-tahun lalu.

Rhoma Irama

Musisi Indonesia Rhoma Irama

Rhoma Irama juga menciptakan lagu berjudul “Virus Corona”. Sang Raja Dangdut itu memberikan semangat dan mengajak masyarakat untuk melakukan introspeksi serta mengambil hikmah dari wabah yang sedang terjadi. Rhoma mengungkapkan bahwa dalam setiap bencana yang melanda, hanya kepada Tuhan lah kita memohon perlindungan.

Lagunya diaransemen dengan tempo lambat dan dibalut dengan alunan nada yang sedih. “Mari kita jaga kesehatan serta, yang utama, banyak berdoa agar musibah ini segera berlalu dan kita bisa mengambil hikmah daripadanya,” kata Rhoma Irama.