Poster film Eurovision Song Contest: The Story of Fire Saga (foto: Netflix)

DOMIGADO – Film Eurovision Song Contest: The Story of Fire Saga adalah film komedi musikal terbaru. Film Eurovision Song Contest ini menceritakan tentang mimpi menuju kompetisi musik global. Selain dibintangi deretan nama besar seperti Rachel McAdams, Pierce Brosnan, dan Dan Steven, film ini ditulis dan diproduksi oleh Will Ferrell yang sudah tidak perlu diragukan lagi kiprahnya di dunia komedi.

Film Eurovision Song Contest: The Story of Fire Saga, menceritakan dua sahabat asal Húsavík Iceland, Lars (Will Ferrell), Sigrit (Rachel McAdams), dan perjalanan mereka menuju kontes adu bakat Eurovision. Mereka membentuk sebuah band bernama Fire Saga untuk tampil di ajang musik global Eurovision. 

Sinopsis Eurovision Song Contest: The Story of Fire Saga

Eurovision Song Contest: The Story of Fire Saga sebuah parodi yang menghibur (foto: Netflix)

Sejak kecil Lars sudah memimpikan tampil di kompetisi musik tahunan tersebut. Saat dewasa, mereka tergabung dalam sebuah duo yang diberi nama The Fire Saga. Meski telah menjadi musisi selama bertahun-tahun, Lars dan Sigrit tak kunjung berhasil meraih impian terbesar mereka. Lagu yang mereka buat bahkan sulit diterima masyarakat. Namun, kehidupan Lars dan Sigrit berubah 180 derajat saat The Fire Saga terpilih untuk menjadi perwakilan negara Islandia dalam kontes Eurovision.

Suatu hari komite Iceland sedang memilih perwakilan untuk negara mereka. Ada penyanyi yang cocok mewakilkan Iceland yaitu Katiana. Sementara Victor Karlosson, gubernur Bank Sentral Iceland menolaknya. Menurut dia, Katiana akan berpotensi menang dan Iceland tidak bisa menjadi tuan rumah Eurovision karena tidak ada biaya.

Mereka pun akhirnya secara acak memilih calon kandidat dan Fire Saga terpilih menjadi salah satu kandidat. Sebelum ke ajang Eurovision, para kandidat Iceland tampil. Fire Saga tampil mewakilkan Húsavík, namun masalah muncul di panggung dan mereka jadi bahan tertawaan. 

Mengingat reputasi The Fire Saga yang tidak begitu baik di mata pecinta musik, banyak tantangan yang harus dihadapi Lars dan Sigrit selama kompetisi. Mulai dari kehadiran pesaing mereka, Alexander Lemtov (Dan Stevens), kecelakaan di panggung, hingga perselisihan yang mengancam keutuhan persahabatan keduanya.

Lars pun melarikan diri dan menangis, sementara Sigrit mengejar untuk menenangkan. Lars dan Sigrit seharusnya berada di kapal untuk berpesta bersama para kandidat Iceland, namun mereka memisahkan diri karena penampilannya yang gagal. Tiba-tiba suara ledakan besar terdengar dari kapal yang sedang berpesta dan menewaskan semua kandidat. Komite tak punya pilihan selain mengirim Fire Saga sebagai perwakilan Iceland karena kandidat lainnya tidak ada. Diremehkan banyak orang, berhasilkah mereka memenangkan Eurovision?

Komedi musikal yang menggelitik

Kekonyolan yang dihadirkan sangat menggelitik (foto: Netflix)

Digarap oleh David Dobkin yang tercatat pernah menggarap film komedi Shanghai Knights dan Wedding Crashers. Tidak heran jika kamu akan menyaksikan kekonyolan bertubi-tubi dalam film Eurovision Song Contest: The Story of Fire Saga ini. Karakter Lars yang diremehkan ayahnya dan seisi kota, namun tetap gigih bermimpi ke Eurovision.

Kesialan selalu mengikuti Fire Saga setiap tampil di panggung, ada saja masalah yang muncul. Mulai dari terjatuh dari langit-langit, scarf Sigrit yang menyangkut di roda hamster panggung. Siap-siap tertawa melihat kekocakan mereka. Eurovision memang identik dengan aksi panggung dan kostum yang unik.  Banyak momen-momen jenaka di film ini dan akan menghiburmu.

Bukan sekedar film komedi, film ini juga menyelipkan budaya dan kebiasaan orang Iceland, dimana karakter Sigrit masih percaya dengan peri dan meminta blessing.  Dikutip dari nationalgeographic.com, 54% penduduk Iceland percaya pada peri atau mengatakan dan meyakini bahwa peri memang ada.

Mampukah Lars dan Sigrit menjadi pemenang Eurovision kali ini? Saksikan kelanjutan ceritanya di platfrom streaming Domigado.com