DOMIGADO – Beberapa tahun belakangan dunia K-Pop digemparkan dengan berita idol Korea yang tewas karena bunuh diri. Kebanyakan dari mereka merasakan depresi karena albumnya tak sukses, ada pula yang merasa tertekan karena situasi yang tidak menentu. Di tahun 2019 saja setidaknya ada tiga selebriti Korea Selatan yang melakukan bunuh diri. Sebut saja Choi Sulli, Goo Hara dan Cha In Ha. Selain Sulli F(X) ada 9 musisi dunia yang tewas bunuh diri yang kita bahas kali ini.

Selama berkarir di dunia entertainment, Choi Sulli, Goo Hara dan Cha In Ha merupakan aktor, aktris dan penyanyi berkualitas. Sungguh, kematian ketiganya membuat penggemar bersedih. Sebab, tak ada harga yang lebih mahal daripada nyawa mereka. Namun tidak hanya di Korea saja, beberapa musisi top dunia lain juga tewas mengenaskan dengan mengakhiri hidupnya sendiri.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah 10 musisi dunia yang tewas akibat bunuh diri.

1. Sulli f(x)

Suli F(X) adalah Kpop dan musisi yang tewas bunuh diri
Sulli F(x) (foto: Getty Images)

Mantan personil girlband F(x) Sulli pada Oktober 2019 lalu ditemukan sudah tak bernyawa di kediamannya di kawasan Seongnam, Provinsi Gyeonggi, Seoul Selatan. Jasadnya ditemukan oleh orang dari agensinya, SM Entertainment. Dilansir dari Yonhap News Agency, perempuan bernama asli Choi Jin-ri ini ini terlambat diselamatkan oleh tim medis.

Tim medis yang mendapatkan laporan dari manajer Sulli pada pukul 15:20 waktu setempat segera mengirimkan ambulan lokal untuk menyambangi kediaman Sulli. Namun sayang, mereka mencapai lokasi tersebut ketika Sulli sudah tak lagi bernyawa. 

Polisi melakukan pemeriksaan dan investigasi di kediaman Sulli guna menyelidiki lebih lanjut keadaan pasti dari peristiwa tersebut. Dari hasil penyelidikan ditemukan bahwa Sulli meninggal karena bunuh diri. Diperkirakan tindakan Sulli melakukan bunuh diri karena depresi setelah sekian lama berjuang dari komentar-komentar negatif dari warganet Korea maupun internasional terhadap dirinya.

2. Goo Hara

Goo Hara musisi yang tewas bunuh diri
Goo Hara (Photo : Instagram.com/koohara_)

Goo Hara mantan personel girlband KARA. Perempuan kelahiran 13 Januari 1991 ini ditemukan tak bernyawa di kediamannya pada Minggu, 24 November 2019 tepatnya pada pukul 18.00 waktu setempat. Menurut keterangan polisi, telah ditemukan catatan kehidupan Goo Hara yang ditulis tangan oleh Hara. Catatan tersebut berisi tentang betapa pesimisnya Hara akan kehidupannya. Atas investigasi yang dilakukan, ditemukan fakta bahwa Goo Hara meninggal karena bunuh diri.

Sebelum dikabarkan meninggal, Goo Hara pernah melakukan percobaan bunuh diri pada 26 Mei lalu tetapi berhasil diselamatkan. Percobaan bunuh diri yang dilakukan oleh Goo Hara tersebut, diduga kuat akibat konflik yang terjadi antara dirinya dengan mantan pacar yaitu Choi Jong Bum. Goo Hara pertama kali dikenal publik usai bergabung dalam sebuah girl band di bawah asuhan DSP Media yaitu KARA. Perempuan kelahiran 1991 ini turut bergabung menjadi member baru KARA pada 2008 silam.

3. Kurt Cobain

Kurt Cobain musisi yang tewas bunuh diri
Kurt Cobain pentolan group Nirvana (foto: BBC News)

8 April 1994 menjadi hari kematian musisi yang tewas bunuh diri dari grup band Nirvana, Kurt Cobain. Kurt ditemukan tak bernyawa dengan kondisi yang mengenaskan di keidamannya yang terletak di Kota Seattle, Negara Bagian Washington, Amerika Serikat. Ia meninggal pada usia 27 tahun. Ia nekat menghabisi nyawanya di tengah ketenarannya di dunia musik dengan luka tembakan yang parah pada bagian kepalanya. 

Jenazah Kurt pertama kali ditemukan seorang tukang reparasi yang hendak memperbaiki peralatan listrik di rumahnya. Di samping jasadnya, ditemukan sepucuk pistol dan selembar catatan. Diduga kuat ia melakukan penembakan ke dirinya sendiri atau bunuh diri. Gitaris kidal itu juga diketahui sebagai pecandu narkoba lantaran sebelum mengakhiri hidupnya, ia baru pulih dari koma lantaran kecanduan narkoba dan minuman beralkohol. Diketahui bahwa musisi berambut gondrong itu berjuang melawan penyakit, depresi, dan kecanduan heroin.

4. Marilyn Monroe

Marilyn Monroe
Marilyn Monroe (foto: Instagram/@marilynmonroe)

Marilyn Monroe ditemukan tewas pada 5 Agustus 1962 di kediamannya di Los Angeles. Ia ditemukan penghuni rumah lain setelah mengunci dirinya sendiri di kamar dan ditemukan dengan banyak tempat obat. Monroe diduga mengalami overdosis obat depresi dengan modus bunuh diri. Terbukti saat ditemukan jasadnya, tersebar banyak botol pil kosong. Perempuan dengan rambut pendek khasnya ini mengalami depresi dan harus berada di bawah perawatan psikiater. Rasa depresi ini yang kemudian diduga menjadi penyebab bunuh diri Marilyn Monroe.

5. Avicii

Avicii DJ asal Swedia
Avicii (foto: theverge.com)

Dunia Electronic Dance Music merasa kehilangan setelah DJ andalannya, Avicii memutuskan untuk pensiun dari dunia musik pada 2016. Pada saat itu, Tim Bergling, nama asli Avicii tengah berada di puncak kariernya pada usia 26 tahun. Ia merasa perlu istirahat dari industri musik yang melelahkan. Namun pada 20 April 2018, seluruh dunia lebih merasa kehilangan. Pasalnya Avicii pergi untuk selamanya. 

Sejumlah bukti dan pernyataan dari orang terdekatnya semakin menguatkan bahwa DJ asal Swedia ini meninggal karena bunuh diri. Avicii merupakan salah satu DJ yang membawa popularitas electronic dance music menjadi terkenal hingga saat ini. Lagu yang membawa Avicii menjadi tenar salah satunya adalah Wake Me Up.