Pada tanggal 13 September 2020 Korean Business Research Institute merilis peringkat reputasi untuk girl group Korea satu bulan ini. Data untuk peringkat girl group paling populer ini dicatat mulai tanggal 11 Agustus sampai 12 September kemarin. 

Posisi pertama masih ditempati oleh BLACKPINK sejak bulan kemarin. Namun, di posisi kedua, ketiga dan seterusnya mengalami perubahan posisi. Peringkat bulanan ini menjadi salah satu prestasi hebat yang didapatkan oleh para idol group Korea.

1. BLACKPINK

girl group Korea BLACKPINK
BLACKPINK

Girl group asuhan dari YG Entertainment ini masih mempertahankan posisinya di peringkat satu bulan ini. Di bulan Agustus kemarin, BLACKPINK mendapatkan total lembar data sebanyak 11.211.456 poin. Pencapaian BLACKPINK bulan ini naik sebesar 12,99 persen dibandingkan bulan lalu.

Prestasi BLACKPINK di bulan September tidak hanya ini, pada tanggal 8 September lalu BLACKPINK berhasil menempati posisi ke-13 di Billboard Hot 100 dengan judul lagu terbaru mereka yaitu Ice Cream. Streaming lagu Ice Cream mencapai 18,3 juta di Amerika Serikat dan 23 ribu unduhan terjual di pekan pertama.

2. MAMAMOO

MAMAMOO

Setelah bulan kemarin mendapatkan lembar data sebanyak 5.893.884, bulan September ini pencapaian MAMAMOO meningkat sebesar 12,81 persen. Pencapaian ini berhasil membawa MAMAMOO menjadi girl group paling populer kedua setelah BLACKPINK. 

Prestasi MAMAMOO lainnya ketika mereka comeback dengan judul lagu Gogobebe pada tanggal 14 Maret 2019 lalu. Lagu Gogobebe berhasil menempati realtime chart peringkat satu di situs streaming musik Korea Mnet, Bugs, Soribada, dan Naver setelah satu hari dirilis. Kesuksesan lagu MAMAMOO ini juga diakui oleh Jeff Benjamin, kolumnis dari Billboard Amerika Serikat.

Kolumnis Billboard itu merilis artikel yang berjudul MAMAMOO Mencapai Puncak Baru dalam World Digital Song Sales Chart dengan Gogobebe. Dalam artikel itu ditulis bahwa pemutaran online lagu Gogobebe di Amerika Serikat sudah meningkat sebesar 396 persen. Awalnya lagu itu hanya diputar sebanyak 295 ribu kali, lalu meningkat pesat sampai 1,5 juga pemutaran.

3. Oh My Girl

Oh My Girl

Di posisi ketiga ada Oh My Girl untuk girl group paling populer di bulan September. Pencapaian lembar data Oh My Girl meningkat 12,81 persen dari bulan sebelumnya. Pada bulan Agustus lalu, Oh My Girl mendapatkan lembar data sebesar 5.147.179 poin.

Di tahun ini juga girl group Korea asuhan WM Entertainment ini mencapai rekor baru dengan lagu comeback mereka berjudul Nonstop. Lagu ini dirilis pada tanggal 27 April pukul 18.00 KST dan pada pukul 23.00 KST. Pada hari yang sama, lagu tersebut berhasil menempati posisi ke-1 di beberapa tangga lagu Korea. 

Lagu Nonstop menempati posisi pertama di Soribada, Melon, dan Bugs. Lalu menempati posisi ke-2 di Genie dan posisi ke-26 di Flo. Lagu Nonstop menjadi lagu pertama dari Oh My Girl yang berhasil menempati posisi pertama di Melon. Lagu Nonstop menggabungkan bass ritmi dan suara synth energik. Suara-suara unik para member bersinar dalam lagu ini.