DOMIGADO – Negara Korea Selatan terkenal dengan Hallyu Wavenya mulai dari bidang hiburan dengan K-Pop Music dan Drama Koreanya sampai industri skincare dan fashion. Namun walaupun terlihat begitu maju dan modern. Ternyata masyarakat negara Korea Selatan sendiri masih memiliki beberapa kebiasaan yang terbilang unik. Beberapa di antaranya malah merupakan mitos-mitos yang kurang rasional namun tetap saja dilakukan dan dipatuhi loh. Berikut ini 7 Kebiasaan unik yang dimiliki oleh masyarakat negara Korea Selatan.

1. Tidak boleh menulis dengan tinta merah

Tabu untuk menulis dengan tinta atau pulpen merah
Tabu untuk menulis dengan tinta atau pulpen merah

Di Indonesia pun ada larangan untuk menulis dengan tinta atau pulpen merah. Terutama kalau kamu adalah seorang murid. Menggunakan dan menulis dengan tinta merah dianggap sebagai perbuatan yang kurang sopan  di Indonesia. Di Korea Selatan, larangan menulis dengan tinta merah ada karena sebab lain. Di Korea Selatan menulis dengan tinta merah sama saja seperti mengharapkan datangnya musibah, bencana dan kesialan. Terutama untuk menulis nama, baik namamu sendiri atau nama orang lain. Menulis nama dengan tinta merah sama saja dengan mengharapkan kematian pada orang yang ditulis namanya. Karena itu menggunakan dan menulis dengan tinta merah merupakan hal yang tabu di Korea Selatan.

2. Tidak ada Google

Korea Selatan punya mesin pencarinya sendiri yang bernama Naver
Korea Selatan punya mesin pencarinya sendiri yang bernama Naver

Jika kamu sedang liburan ke Korea Selatan kamu tidak bisa tanya mbah Google tentang tempat destinasi wisata favorit. Tapi jangan khawatir walaupun di Korea Selatan tidak ada Google. Alasan di Korea Selatan tidak ada google adalah karena Korea Selatan memiliki mesin pencarinya sendiri yang bernama Naver. Masyarakat Korea Selatan lebih sering menggunakan search engine Google atau Daum dan satu lagi yang unik dari masyarakat Korea Selatan. Ketika hampir seluruh orang di dunia lebih memilih chrome atau Mozilla Firy. Masyarakat Korea Selatan kebanyakan dan  lebih cenderung menggunakan internet exploxer daripada browser populer.

3. Hadiah Ulang Tahun Operasi Plastik

kebiasaan unik Korea Selatan untuk memberi hadiah operasi plastik
Memiliki double eyelids merupakan salah standar kecantikan di Korea Selatan

Walaupun tidak semua artis Korea Selatan melakukan operasi plastik. Namun imej ini memang sudah melekat sekali dengan negara Korea Selatan. Walaupun operasi plastik masih memiliki pandangan negatif di Korea Selatan. Toh hal ini tidak menghentikan orang-orang mendatangi klinik-klinik bedah plastik. Hal yang paling sering dilakukan adalah operasi lipatan mata. Memiliki double eyelids merupakan salah standar kecantikan di Korea Selatan. 

Masyarakat Korea Selatan yang cenderung memiliki mata monolid atau tidak punya lipatan mata. Melakukan segala cara agar memiliki double eyelids sehingga memberikan kesan mata yang lebih besar dan lebar. Cara-cara tersebut mulai dari make up, perawatan sampai operasi lipatan mata. Bahkan operasi lipatan mata sudah menjadi salah satu hadiah yang diminta anak ketika ia berulang tahun yang ke 16 loh.