DOMIGADO – Memenangkan penghargaan dan membawa piala merupakan impian bagi setiap aktris di dunia termasuk di Korea Selatan. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi sekaligus bukti eksistensi dan prestasi mereka di bidang akting. Dengan jejak karir yang panjang dan banyak karya-karya yang fenomenal, tidak mengherankan jika aktris-aktris Korea Selatan di bawah ini mendapat begitu banyak penghargaan di sepanjang karir mereka. Pengalaman dan kemampuan menghantarkan mereka pada piala kemenangan dari berbagai ajang penghargaan berkelas dan bergengsi.

Berikut ini adalah aktris-aktris Korea Selatan yang meraih penghargaan terbanyak :

Song Hye Kyo – 29 Penghargaan

Song Hye Kyo
Song Hye Kyo

Dengan jejak karir yang panjang dan wajahnya yang mondar-mandir di berbagai judul drama Korea Selatan dari berbagai generasi. Tidak mengherankan jika Song Hye Kyo termasuk aktris yang paling banyak koleksi penghargaannya. Sejak debut aktingnya pada tahun 1996, Song Hye Kyo telah meraih total 29 penghargaan.

Penghargaan yang didapatkannya tidak hanya dari Korea Selatan saja namun juga sampai kancah internasional.  Terutama pada tahun 2001 sampai 2003 hampir semua kategori penghargaan yang menjadikan Song Hye Kyo nominasi dimenangkan olehnya. Aktris kelahiran 1981 ini juga pernah meraih daesang atau penghargaan tertinggi. Tidak hanya sekali tapi dua kali, pada APAN Star Awards di tahun 2013 dan KBS Drama Awards di tahun 2016.

Park Bo Young – 32 Penghargaan

Park Bo Young
Park Bo Young

Kurang lebih 14 tahun karirnya di industri akting, aktris Park Bo Young berhasil mengumpulkan 32 trofi penghargaan di sepanjang karirnya. Aktris yang dikenal dengan kecantikan dan keimutannya ini memang tidak pernah padam. Tidak hanya visual menawan, Park Bo Young juga mampu memberikan akting yang berkualitas dan selalu berkesan.

Seperti kesuksesan besar yang diraih Park Bo Young lewat film Scandal Makers pada tahun 2008 silam. Di mana Park Bo Young sukses menyabet trofi dalam kategori Aktris Pendatang Baru dalam setiap ajang penghargaan. Termasuk ajang penghargaan bergengsi Blue Dragon Film Awards pada tahun 2009.

Kim Hee Ae – 35 Penghargaan

Kim Hee Ae

Kim Hee Ae merupakan sosok aktris senior dan sudah menjadi veteran dalam industri hiburan Korea Selatan. Tentu saja kita tidak boleh meremehkan aktris yang mampu mempertahankan karir selama 38 tahun di dunia akting Korea Selatan. Hingga tahun 2020, Kim Hee Ae masih aktif membintangi berbagai projek film dan drama. Yang baru-baru ini dibintanginya  adalah The World Of The Married yang tayang pada saluran TV JTBC. Aktingnya dalam drama tersebut sukses membuatnya menjadi aktris terbaik dalam Baeksang Arts Awards 2020. 

Di sepanjang karirnya, Kim Hee Ae telah mengumpulkan 35 penghargaan dari berbagai ajang penghargaan bergengsi. Bahkan  ia telah mendapatkan 6 daesang atau penghargaan tertinggi. Dua di antaranya di dapatkan Kim Hee Ae dari Baeksang Art Awards yang dikenal sebagai salah satu ajang penghargaan paling bergengsi di Korea Selatan.

Im Yoona – 36 Penghargaan

Im Yoona

Im Yoona mengumpulkan 36 trofi penghargaan, jumlah ini tidak termasuk dengan trofi yang didapatkannya sebagai idol loh. Yup benar banget, 36 trofi ini dimenangkan Yoona murni dari karir dan sepak terjangnya di dunia seni peran.

Hal ini membuktikan walaupun ia merupakan aktris dengan latar belakang idol. Kualitas akting dari Im Yoona tidak boleh diremehkan. Sebagai aktris Im Yoona adalah langganannya trofi Asia Artist Awards bahkan ia juga pernah mendapat penghargaan di Baeksang Arts Awards dan Busan International Film Festival loh.