ilustrasi (foto pinterest)
ilustrasi (foto pinterest)

DOMIGADO – Demam drama Korea atau drakor telah lama mewabah di Indonesia. Mayoritas kalangan milenial dibuat tergila-gila dengan suguhan cinema yang berasal dari Negeri Gingseng tersebut. Cerita yang disajikan didalam drakor juga tak jauh dari kehidupan seorang “Chaebol” atau dalam bahasa Indonesia berarti konglomerat. Sehingga secara tidak langsung, kita akan terdistract jika Korea Selatan merupakan negara para konglomerat. Well, hal tersebut nggak salah kok, karena memang Korsel sudah diakui menjadi negara maju dan negara kaya dari segi apapun. Namun tak ada satupun dari aktor maupun aktris drakor bahkan k-pop yang mampu masuk daftar orang terkaya atau sebagai chaebol di Korea Selatan, loh.

Meski saat ini kondisi perekonomian dunia sedang terpuruk karena pandemic covid19 atau corona, namun beberapa para konglomerat di Korea Selatan tetap melenggang dengan tenang. Dari daftar orang terkaya di Korea Selatan yang dikeluarkan Forbes, mayoritas dikuasai pebisnis yang terjun di dunia elektronik dan games online. Dari sekian banyaknya, jika di kerucutkan pada daftar 10 orang terkaya di negeri drakor tersebut separuhnya dikuasai pengusaha yang bergerak di dua bidang tersebut.

Wah, jadi penasaran yaa siapa saja sih para chaebol atau konglomerat dari negeri drakor yang masih tetap berjaya hingga sekarang.

1. Lee Kun-hee

Lee Kun Hee chaebol terkaya Korea
Lee Kun Hee

Untuk status orang terkaya di Korsel saat ini ditempati Lee Kun-hee, 78 tahun. Konglomerat yang satu ini tercatat sebagai chairman Samsung Group. Lulusan Fakultas Seni di Universitas Waseda, Jepang ini punya kekayaan sebesar $17,3 miliar atau setara Rp251 triliun.

2. Seo Jung-jin

Se Jung Jin Chaebol
Se Jung Jin

Di posisi kedua, ditempati pengusaha Seo Jung-jin, 68 tahun. Pendiri perusahaan farmasi Celltron ini mendulang kekayaan dari usahanya membuat obat-obat mahal untuk penyakit kanker, influenza dan rematik yang telah merambah dunia. Kekayaannya tercatat sebesar $11,4 miliar atau setara Rp165,7 triliun

3. Kim Jung-ju

Kim Jung ju
Kim Jung ju

Masuk posisi tiga besar ditempati Kim Jung-ju. Pria tajir berusia 52 tahun ini mendulang kekayaan lewat perusahaan game online Nexon yang didirikannya. Nexon sendiri merupakan perusahaan game terbesar di Korea Selatan dan kini punya user di 72 negara. Kekayaannya ditaksir mencapai $9,6 miliar atau setara Rp139,6 triliun.

4. Jay Y-Lee

Samsung elektronik Jay y Lee
Jay y Lee

Wakil dan pewaris konglomerat Samsung Elektronik, Jay.Y.Lee didaulat sebagai orang kaya dengan kekayaan USD6,4 miliar. Pada 2017 sayangnya, Jay pernah melakukan kasus suap kepada orang kepercayaan mantan presiden Park Geun-hye dan dibebaskan pada tahun 2018 silam.

5. Kim Beom-su

Kim Beom Su
Kim Beom Su

Kim Beom-su merupakan pendiri dari aplikasi pesan terbesar di Korea Selata, yaitu Kakao Talk, diketahui kekayaan yang dimiliki saat ini mencapai USD6,9 miliar atau Rp 96,9 triliun. Kakao sendiri sudah terpasang di 90% smartphone di negara itu. Aplikasi ini dimanfaatkan untuk bermain game, berbelanja, dan sekedar mengobrol.