Untuk kamu penggemar misteri-misteri dan punya hobi untuk memecahkan kasus-kasus rumit. Kamu harus menjajal 7 drakor bertema detektif yang bikin mindblowing. Selain cerita yang sudah pasti bagus, akting dari aktor dan aktris yang berkualitas. Otakmu pun akan diajak berpikir untuk mengungkap misteri dan kasus yang dihadapi para tokoh dalam 7 drama ini. Yang pastinya bikin pikiranmu mindblowing.

1. Voice (2017)

Voice (2017)

Drama dengan tema detektif pertama adalah drama Korea Voice. Drama korea dibuat sampai 3 seasons ini menceritakan kehidupan para polisi di divisi panggilan darurat. Divisi ini memiliki misi untuk menyelamatkan para korbannya dalam rentang waktu golden time. Atau rentang waktu terbaik untuk menyelesaikan kasus dan menyelamatkan korban sebelum terlambat. Divisi ini pada season pertama digagas oleh seorang polisi berbakat bernama Kang Kwon Jo yang diperankan oleh Lee Han Na.

Kang Kwon Jo adalah seorang polisi lulusan dari akademi forensik di Amerika. Namun tidak hanya sekedar lulusan luar negeri. Kang Kwon Jo memiliki bakat istimewa yaitu pendengarannya yang super tajam. Ia bisa mendengar dan membedakan suara sekecil apapun volumenya. 

Dalam menjalankan divisi ini Kang Kwon Jo dibantu oleh Mo Jin Hyuk yang diperankan oleh Jang Hyuk. Walaupun awalnya ia sempat tidak mempercayai bakat yang dimiliki Kang Kwon Jo dan memusuhinya. Mo Jin Hyuk pada akhirnya mempercayai Kang Kwon Jo dan mereka pun berkerja sama menjalankan divisi panggilan darurat dan mengungkap misteri pembunuhan orang yang mereka cintai di masa lalu. 

Kepopuleran drama Voice sudah tidak perlu diragukan lagi baik Korea Selatan dan penggemar drama detektif di luar Korea Selatan. Hal ini terbukti dengan dibuatnya 3 seasons drama Voice selama 3 tahun berturut-turut yaitu Voice 2 pada tahun 2018 dan Voice 3 pada tahun 2019.

2. Tunnel (2017)

Drama Korea dengan genre Sciene Fiction ini bercerita tentang detektif Park Gwang Ho yang diperankan oleh Choi Jin Hyuk bersama dua rekannya yaitu Letnan Kim Seon Jae yang diperankan oleh Yoon Hyun Min dan seorang psikolog Shin Jae Yi yang diperankan oleh Lee Yoo Young. Pada tahun 1986, Detektif Park Gwang Hoo sedang dalam penyelidikan kasus pembunuhan ‘Bintik’.

Namun setelah melewati terowongan detektif Park Gwang Hoo menghilang. Ia kemudian muncul di tahun 2017. Di masa itu ia mengetahui bahwa kasus pembunuhan yang tengah ditangani tidak terselesaikan selama 30 tahun lamanya.  Drama dengan 16 episode ini mulai tayang pada tanggal 25 Maret 2017 dan sempat diremake dan dibuat versi Indonesianya yang dibintangi Donny Alamsyah sebagai pemeran utamanya.


BACA JUGA >> Drama Korea Anti Mainstream Yang Wajib Masuk Watch List

3. Signal (2016)

Satu lagi drama detektif dengan genre Sciene Fiction, bercerita tentang seorang profiler jenius bernama Park Hae Young yang diperankan oleh Lee Je Hoon. Suatu hari Park Hae Young menemukan sebuah walkie talkie misterius. Walkie talkie ini menghubungkannya dengan seorang detektif yang hidup pada tahun 1989 bernama Lee Jae Han yang diperankan oleh Cho Jin Wong. Berkat bantuan Lee Jae Han, Park Hae Young berhasil menyelesaikan kasus penculikan yang bertahun-tahun tidak terselesaikan. Atas terpecahkannya kasus itu, dibentuklah tim yang menangani kasus-kasus lama dengan Park Hae Young menjadi bagiannya dengan tiga petugas lain yaitu Detektif Cha Soo Hyun yang diperankan oleh Kim Hye Soo, Ahn Chi Soo yang diperankan Jung Hae Kyun dan Kim Bum Joo oleh Jang Hyun Sung. 

Dengan bantuan dan informasi Lee Jae Han dari masa lalu, Park Hae Young dapat memecahkan kasus-kasus tak terpecahkan di tahun 2016. 

Kasus-kasus dalam drama ini terinspirasi oleh kasus-kasus nyata di Korea seperti kasus Pembunuhan Berantai Hwaseong. Memiliki 16 episode drama ini berhasil mencetak rekor rating tertinggi dalam penanyangannya dengan perolehan tertingginya 13 %. Karena kepopuleran drama Signal,  versi Jepang dari drama ini pun digarap dengan pemeran Kentaro Sakaguchi dan mulai tanyang pada tayang 10 April 2018. Berikut pula season keduanya ditahun selanjutnya. 


BACA JUGA >>