DOMIGADOKorea News1 adalah salah satu outlet media Korea Selatan yang pemberitaannya meliputi segala sisi tentang Korea. Termasuk tentang Kpop dan dunia entertainment. Untuk menutup akhir tahun 2020 ini, outlet media Korea News1 melakukan sebuah survey untuk menentukan girl grup rookie terbaik.

girl group aespa

Korea News1 mengumpulkan kurang lebih 22 perwakilan dari agensi-agensi di Korea Selatan. Perwakilan dari agensi-agensi Kpop ini diminta untuk memilih salah satu girl grup rookie di tahun 2020. Dalam perwakilan tersebut ada Direktur, CEO dan manajer dari Big Hit Entertainment, SM Entertainment, JYP Entertainment, YG Entertainment dan lainnya yang akan memberikan peringkat pada girl grup rookie.

Berdasarkan hasil survey tersebut berikut ini adalah 4 girl group rookie terbaik di tahun 2020.

1. Aespa

Aespa merupakan girl grup terbaru dari SM Entertainment setelah 6 tahun lalu mendebutkan Red Velvet. Girl group satu ini debut pada tanggal 17 November 2020 kemarin. Terdiri dari 4 anggota yaitu Karina, Gissele, Winter dan Ningning.

Single debut mereka yaitu Black Mamba dengan cepat menjadi lagu grup wanita pendatang baru dengan charting tertinggi tahun 2020 di tangga lagu harian Melon, Bugs, dan Genie.

Penampilan member Aespa pun menerima banyak pujian. Aespa dinilai tidak terlihat seperti girl group yang baru debut. Melainkan girl grup profesional yang tengah comeback dengan konsep yang megah dan futuristik.

2. STAYC

Ternyata Aespa tidak sendirian menempati posisi pertama dalam pemeringkatan ini. Aespa harus berbagai tempat dengan STAYC. STAYC adalah girl grup besutan High Up Entertainment. High Up Entertainment sendiri merupakan anak perusahaan dari CJ ENM.

STAYC beranggotakan enam orang yaitu Sumin, Sieun, Isa, Seeun, Yoon dan J. Mereka debut pada 12 November 2020 dengan album single pertama mereka, Star to a Young Culture. Setelah dirilis, itu memecahkan rekor penjualan debut hari pertama girl group rookie 2020. Hingga saat ini, album tersebut telah terjual sekitar 21.000 copy berdasarkan catatan di Hanteo.

3. Weeekly

Di posisi kedua ada adik girl grup Apink yaitu Weeekly. Girl grup ini beranggotakan tujuh orang yaitu Soojin, Jiyoon, Monday, Soeun, Jaehee, Jihan dan Zoa. Mereka debut pada 30 Juni 2020 dengan mini album pertama mereka, We Are.

Album We Are ini memiliki lagu utama berjudul Tag Me. Albumnya sendiri telah terjual sebanyak 19.500 copy menurut catatan Hanteo hingga saat ini.

4. Secret Number

Secret Number ternyata tidak boleh diremehkan dan masuk ke dalam jajaran 3 besar pemeringkatan ini. Secret Number menempati posisi ketiga dari hasil survey ini. Girl grup Secret Number debut pada tanggal 19 Mei 2020 dengan album single pertama mereka, Who Dis?.

Girl group ini mengusung konsep internasional dan multiculture dengan para membernya berasal dari berbagai negara lain selain Korea Selatan. Girl grup ini beranggotakan lima orang yaitu Lea, Dita Karang, Jinny, Soodam dan Denise.

Album dan single debut mereka Who Dis telah terjual sekitar 2.100 eksemplar (Hanteo) hingga saat ini. Video musik untuk lagu utama “Who Dis?” telah mengumpulkan 33 juta penayangan di YouTube.

Itulah 4 girl group rookie terbaik di tahun 2020 ini berdasarkan hasil survey Korea News1. Dari girl group rookie di atas yang mana, nih yang merupakan girl grup favorit kamu?

Jangan lupa kalian juga bisa streaming berbagai judul film dan Drama Korea terbaru dan terbaik di Domigado. Hanya dengan satu kali daftar, kalian bisa streaming melalui Domigado dengan akses melalui link di bawah ini.