BTS
BTS

DOMIGADOBTS lagi-lagi mencetak sejarah di dunia musik internasional. Jika biasanya mereka datang dengan berita pemecahan rekor baru dan prestasi baru. Kali ini BTS berhasil menjadi boy group pertama asal Korea Selatan. Yang menjadi nominator Grammy Awards 2021.

BTS menjadi nominator dalam kategori Best Pop Duo/Group Perfomance. Nama mereka bersanding dengan nama-nama musisi kelas dunia lainnya.

Masuknya BTS sebagai nominator Grammy Awards 2021 ini diumumkan hari ini, 25 November 2020 pada dini hari waktu Indonesia. Single BTS, Dynamite secara resmi menjadi nominator Grammy Awards dalam kategori Best Pop Duo/Group Perfomance.

Bersama dengan BTS, beberapa nama juga dimasukan sebagai nominator dalam kategori ini. BTS akan bersaing dengan kolaborasi J Balbin, Dua Lipa, Bad Bunny & Tainy dengan single mereka One Day, Single Intention hasil duet Justin Bieber dan Quavo, Rain On Me dari Lady Gaga berduet dengan Ariana Grande dan Exile yang merupakan hasil duet Taylor Swift dan Bon Iver.

Masuknya nama BTS dalam daftar nominasi Grammy Awards merupakan hal yang sangat dinantikan oleh banyak pihak. Terutama ARMY, fandom dari BTS. Yang sudah lama mengharapkan boy group kesayangan mereka ini mendapatkan pengakuan yang selayaknya atas musik mereka.

BTS sendiri sebenarnya bukan nama baru dalam Grammy Awards. Selama ini BTS banyak terlibat dengan Recording Accademy atau Grammy Awards. Seperti pada tahun 2019, BTS tampil sebagai presenter. Kemudian mereka sempat menjadi performance bersama Lil Nas X pada Grammy tahun 2020.

Pada penampilan mereka bersama Lil Nas X mereka membawakan single Old Town Road. Selain itu BTS juga pernah ditawarkan bergabung menjadi anggota pemungutan suara  Recording Academy. Bahkan produser dari BTS yaitu Bang Si Hyuk telah bergabung sebagai anggota professional dari Recording Accademy.

Bts on Grammy award

Walaupun selama ini BTS sudah secara nyata memberikan karya musik berkualitas dan dengan pengaruh yang luas. Namun nama BTS belum juga disebut dalam daftar nominasi penerima penghargaan musik tertinggi di dunia ini.

Padahal pada album mereka yaitu Love Yourself : Tear yang menempati posisi pertama Hot 200 Billboard pada 2018. Sempat masuk sebagai nominasi Grammy pada kategori Best Recording Package pada penghargaan Grammy yang diadakan pada tahun 2019.

Mungkin karena BTS merupakan boy group yang berasal dari Korea Selatan dan merupakan musik di luar Negara barat. Sehingga sangat sulit dan butuh waktu untuk BTS menembus Grammy Awards. Recording Accademy atau Grammy Awards memang cenderung memandang sebelah mata musik yang berasal dari luar Negara barat. Sehingga kesempatan bagi musik luar Amerika dan Eropa sangat kecil untuk masuk dalam kategori utama.

Namun sebenarnya masuknya BTS sebagai nominator Grammy Awards. Telah diprediksi banyak pihak sejak perilisan single mereka yang berjudul Dynamite. Dynamite merupakan single pertama BTS yang menggunakan Bahasa Inggris sepenuhnya. Dengan single tersebut BTS, mencetak banyak sejarah baru.