DOMIGADO – Semenjak memulai debutnya pada 2014, nama Hwasa semakin populer di industri hiburan Korea. Penyanyi yang memiliki nama lengkap Ahn Hye Jin ini dikenal memiliki suara serak yang begitu khas. Ia juga dikenal sebagai penyanyi yang kerap berpenampilan seksi terutama ketika di atas panggung. Di girl band Mamamoo, Hwasa merupakan maknae alias anggota paling muda yang sekaligus bertindak sebagai main vocal dan rapper. Yuk, kita kulik apa makna mini album solo Hwasa berjudul Maria

mini album solo Hwasa dengan judul Maria
Hwasa merilis mini album dengan judul Maria

Setelah mendulang sukses bersama Mamamoo, Hwasa mencoba peruntungan baru dengan bersolo karir. Keputusan itu dirasa tepat karena single pertama Hwasa yang berjudul Twit berhasil peringkat teratas Gaon Digital Chart. Seperti mengulang kesuksesan yang sama, pada tahun 2020 ini Hwasa merilis mini album dengan judul Maria. Album itu mendapat respon yang bagus dari penggemar sekaligus rasa penasaran tentang makna di baliknya.

1. Video Klip Penuh Adegan Dramatis

Video klip Maria yang berdurasi empat menit memperlihatkan adegan yang begitu dramatis. Hwasa bertindak langsung sebagai model dalam video klip tersebut. Adegan awal memperlihatkan Hwasa yang ditemukan sebagai mayat di sebuah kolam renang yang dikelilingi garis polisi. 

Terlihat jelas bahwa tubuh penyanyi berusia 24 tahun itu berlumuran darah. Meski terkesan dramatis, Hwasa tetap mampu menonjolkan ciri khas penampilannya yang seksi. Adegan dalam video klip Maria dilanjutkan dengan situasi di dalam sebuah rumah sakit. 

Hwasa digambarkan seolah sedang dikejar ratusan pensil yang siap menusuknya. Adegan menakutkan dan menegangkan itu tampaknya merupakan penjelasan tentang penyebab kematian di awal video klip. Bisa disimpulkan bahwa tewasnya sang model utama dalam video klip Maria adalah karena gangguan kesehatan mental.

Adegan yang begitu dramatis video clip Maria dalam mini album solo Hwasa
Adegan yang begitu dramatis dalam video clip Maria

Kejutan tak terduga muncul pada akhir video klip. Tiga member Mamamoo yang lain yaitu Wheein, Solar dan Moonbyul tampil singkat sebagai cameo. Ketiganya menampakkan raut wajah bahagia sambil membawa buket bunga untuk Hwasa. 

Kejutan di bagian akhir ini ternyata bisa membuat para fans Mamamoo puas. Konsep video klip Maria terbilang unik karena berhasil membawa pesan kesedihan di antara irama lagu yang upbeat.

Tiga member Mamamoo yang lain yaitu Wheein, Solar dan Moonbyul tampil singkat sebagai cameo
Tiga member Mamamoo yang lain yaitu Wheein, Solar dan Moonbyul tampil singkat sebagai cameo

2. Maria adalah Kristalisasi

Maria merupakan mini album perdana Hwasa yang dibuat dengan penuh semangat. Bagi Hwasa, Maria begitu istimewa hingga penyanyi berzodiak Leo itu tidak bisa melupakan setiap momen yang dilewatinya ketika menggarap mini album itu. 

Hwasa bahkan mengaku belum pernah sesemangat itu ketika menggarap sebuah proyek. Maria bahkan disebut-sebut akan menjadi karya yang abadi dalam ingatan Hwasa. Kesan mendalam telah lahir dari mini album Maria yang menjadi kebanggaan Hwasa. K-Pop Idol yang pernah berkolaborasi dengan Dua Lipa ini menyebut Maria sebagai buku hariannya. 

Semua yang dirasakan Hwasa tercurah dalam mini album tersebut. Berbagai emosi juga tertanam dalam karya terbaru Hwasa yang telah dirilis pada 30 Juni 2020 itu. Bisa juga dibilang bahwa Maria merupakan kristalisasi dari semua keringat dan air mata yang telah Hwasa keluarkan.

Hwasa sampai bisa menangis tersedu-sedu dalam lagu Maria
Hwasa sampai bisa menangis tersedu-sedu dalam lagu Maria