BTS Konser Map Of The Soul On : E

DOMIGADO – BTS merupakan boyband yang telah menjadi fenomena di industri musik, baik di Korea Selatan sendiri maupun industri musik dunia, terutama Amerika Serikat. Di tahun ini, BTS kembali mengejutkan ARMY, fandom setianya. Setelah merilis lagu yang seluruh liriknya berbahasa Inggris berjudul Dynamite, BTS akan gelar konser offline dan online

Pada tanggal 25 Agustus 2020 pukul 12 malam waktu Korea Selatan atau pukul 4 sore waktu Indonesia, Music Video Dynamite rilis di Youtube. MV Dynamite mencatat rekor baru dengan menjadi video musik tercepat dalam sejarah Youtube yang mencapai 10 juta viewers dalam waktu 20 menit. Dalam waktu 2 jam, video musik Dynamite BTS sudah ditonton sebanyak 29 juta viewers di YouTube, terhitung sejak tayang perdana.

Music Video Dynamite BTS

BTS menguasai jalur industri musik dunia hanya dengan lagu-lagu berbahasa Korea

BTS selama ini menjadi fenomena di industri musik dunia tanpa satu pun lagu berbahasa Inggris dan selalu menggunakan Bahasa Korea. Sehingga dengan rilisnya single Dynamite ini bagai hadiah untuk ARMY dari BTS, terutama untuk para penggemarnya di luar Korea. Mereka tetap setia dan mendukung BTS walaupun ada keterbatasan bahasa dan budaya diantara mereka. Dengan adanya single ini akan menarik fans-fans internasional baru dalam fandom mereka. Selain itu, single dalam bahasa Inggris ini bisa jadi merupakan pernyataan tersirat dari BTS, bahwa mereka bukan hanya Boyband dari Korea Selatan, namun juga merupakan bagian dari industri musik internasional.

Comeback-nya BTS dengan single Dynamite, melahirkan wacana akan diadakannya konser. Seperti yang biasa terjadi di sepanjang karir musik BTS selama ini. Bahwa setelah album baru dirilis biasanya akan disusul dengan adanya Tour Concert. Termasuk dengan tema album Map Of The Soul kali ini. Namun karena adanya masa pandemi Covid- 19 ini, penyelenggaraan konser bisa tertunda bahkan dibatalkan. Namun yang mengejutkan Big Hit Entertainment selaku agensi BTS mengumumkan bahwa BTS akan mengadakan konser Map Of The Soul On:E. Lebih mengejutkan lagi kabarnya konser ini akan diadakan secara online dan offline.

BTS eksis di dunia dengan hanya lagu lagu berbahasa Korea
BTS eksis di dunia dengan hanya lagu lagu berbahasa Korea

Rencana gelar konser di bulan Oktober

Seperti disampaikan CEO Big Hit Entertainment Bang Si Hyuk, dalam acara ‘Big Hit Corporate Briefing with the Company (2H 2020)’ yang diunggah di channel YouTube Big Hit Label pada 13 Agustus 2020 lalu. Konser Map Of The Soul On:E ditujukan sebagai pengganti tur dunia BTS Map of The Soul : Tour yang dibatalkan karena pandemi Covid-19.

Big Hit Entertainment menegaskan kembali melalui akun twitter resminya, @BigHitEnt. Agensi BTS ini merilis foto teaser terbarunya yang berisi rencana konser mereka.

“BTS MAP OF THE SOUL ON:E 공연 개최 #BTS##방탄소년단 #MapOfTheSoulOne,” tulis akun BigHit Entertainment.

BTS akan gelar konser offline dan online yang rencananya akan diselenggarakan selama 2 hari pada 10 dan 11 Oktober 2020. Konser ini akan diselenggarakan baik secara online maupun offline. Konser offline dijelaskan akan dihadiri oleh jumlah penonton yang terbatas dan tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Untuk mencegah penyebaran virus. Jika konser offline ini benar-benar terlaksana, BTS akan menjadi KPop Idol pertama yang mengadakan konser di tengah situasi Pandemi Covid-19.

Mekanisme konser BTS selanjutnya belum dijelaskan secara rinci. Yang jelas mau konsernya diadakan atau tidak, penggemar internasional dan luar Korea tetap harus gigit jari. Karena Map Of The Soul On:E hanya akan diadakan di Korea Selatan saja.