Super M Comeback !
Super M Comeback !

DOMIGADO – Boygroup Super M adalah salah satu projek dari SM Entertaiment untuk menembus pasar musik internasional hasil kerja sama dengan Capitol Music Grup. Dimulai dari tahun 2019, boygrup ini debut dengan sebutan super grup bahkan digadang-gadang oleh SM Entertaiment sebagai Avengers Kpop. Super M comeback di bulan September ini setelah hampir setahun vakum dari hingar bingar musik Korea.

Boyband Super M terdiri dari 7 anggota yang semuanya terdiri dari 4 grup yang telah dibentuk oleh SM Entertaiment sebelumnya. Ada Taemin dari Shinee, Baekhyun dan Kai dari EXO, Taeyong dan Mark dari NCT 127 juga Ten dan Lucas dari WayV.

Seperti yang direncanakan SM Entertaiment, target dari Super M bukan sekedar untuk memimpin chart musik di Korea Selatan seperti boyband yang baru debut pada umumnya. Sebagai super grup, Super M mengincar chart-chart internasional dan pencapaian musik dunia. Karena itu mereka memulai debut di Amerika dan mengincar posisi di Billboard. Sepertinya usaha SM Entertaiment ini cukup berhasil. Dilihat dari lagu Jopping yang berhasil meraih tempat di Billboard.

Setelah terakhir debut mereka pada 4 Oktober 2019 dengan single Jopping. Super M akan melakukan comeback di tahun ini. Dikutip dari Soompi, pada tanggal 6 Agustus 2020 lalu pihak Super M telah mengumumkan comeback dari super grup ini. Rangkaian comeback mereka ini akan diawali dengan perilisan 2 single. Salah satunya pada tanggal 1 September 2020, dirilis music video dari main track Super M kali yang berjudul Tiger Inside. Kabarnya ditanggal 25 September 2020 nanti Super M akan secara resmi merilisi full abum pertama mereka yang bertajuk Super One.

Super M akan membuat nama fandom mereka
Super M akan membuat nama fandom mereka

Super M akan membuat nama fandom sendiri

Selain itu, Super M dikabarkan akan membuat nama fandom mereka. Hal ini menunjukan bahwa SM entertaiment sepertinya berniat untuk menjadikan Super M sebagai grup permanen. Karena memang fandom memang hanya diciptakan untuk grup yang akan secara permanen menjadi grup. Super M mungkin saja tidak hanya menjadi sekedar projek musik yang bersifat sementara lagi bagi SM Entertaiment. Lantaran masing-masing member Super M berasal dari boygrup yang telah dibentuk dan dinaungi oleh SM Entertaiment. Tanda-tanda Super M akan menjadi grup permanen memicu keresahan, kekecewaan bahkan kemarahan para fans dari grup asli mereka.

Terutama adalah para EXO-L yang merupakan fandom dari boyband EXO boyband di mana Baekhyun dan Kai berasal. Fans EXO ini merasa bahwa SM entertaiment berbuat tidak adil. Karena hanya memperdulikan grup-grup yang telah tenar dan melupakan grup-grup yang sudah ada sebelumnya. Hastag #BOYCOTT_SMEntertaiment pun muncul di media sosial Twitter. Banyak isi dari hastag itu menolak adanya fandom dari Super M dan tidak ingin Super M menjadi grup yang permanen. EXO-L mewanti-wanti SM Entertaiment untuk tidak mengecewakan para fans lagi.

Kontroversi Super M dalam fandom-fandom Kpop

Super M diproyeksikan meraih kepopuleran untuk ranah musik internasional
Super M diproyeksikan meraih kepopuleran untuk ranah musik internasional

Sejak dibentuk, diumumkan dan resmi debut Super M memang telah mengundang berbagai kontroversi dalam fandom-fandom Kpop. EXO-L hadir sebagai kontingen yang paling keras melawan projek Super M. SM Entertaiment terkesan membentuk Super M agar meraih kepopuleran instan di ranah musik internasional khususnya di Pasar Amerika Serikat. Sepertinya SM Entertaiment memanfaatkan peluang, dengan musik Kpop yang saat ini menjadi pusat perhatian dunia karena popularitas BTS yang tidak main-main di Amerika Serikat. Bahkan ada sebagian besar pendapat yang mengatakan bahwa Super M adalah usaha SM entertaiment untuk menyaingi BTS .

Dengan base fandom yang sudah kuat dari anggota-anggota yang lain, gabungan dari fandom-fandom ini mungkin bisa mengalahkan antusiasme ARMY dan menyaingi posisi BTS. Namun dilihat dari perjalanan dan respon dari fandom-fandom yang telah ada bahkan sampai war di antara fandom. Sepertinya usaha dan dibentuknya Super M oleh SM Entertaiment bisa saja membawa dampak yang berkebalikan. Bukannya mendorong fandom untuk berkerja sama, malah menyebabkan pergesekan di antara fandom-fandom dari grup yang sebelumnya ada.

Sejauh ini belum ada respon resmi dari pihak SM Entertaiment soal respon-respon negatif para fans dan hastag yang dibuat. Kita doakan saja yang terbaik untuk para member Super M dan SM Entertaiment mengambil langkah bijak untuk mengatasi keresahan fans.