DOMIGADO – Kiblat pop culture dunia? Ya Korea Selatan jawabannya. Semua hal yang berlabel Korea Selatan tengah populer di mata orang Indonesia. Mulai dari musik, film, fashion dan yang tak ketinggalan adalah makanan. Kepopuleran makanan Korea di Indonesia telah menyaingi makanan Asia lainnya. Kuliner kali ini tentang dessert lezat Korea Selatan.

Salah satu penyebab makanan Korea Selatan populer di Indonesia karena kegemaran nonton drama Korea. Banyak sekali makanan Korea Selatan yang ditampilkan di layar drama. Mulai dari jajangmyeon, sundubujjigae, tteokbokki, dan lainnya. Tidak hanya makanan berat, Korea Selatan juga punya dessert loh. Mau tahu apa saja? Ini dia 10 dessert lezat Korea Selatan.

1. Sangpyeon

Dessert Lezat Korea Selatan Sangpyeon
Sangpyeon

Dessert tradisional Korea Selatan satu ini terbuat dari beras ketan dan berbentuk setengah bulan. Bisa dibilang inilah mochi-nya orang Korea. Makanan yang biasa disajikan saat musim gugur pada festival Chuseok ini berisi wijen yang dicampur dengan madu, pasta kacang kastanye dan pasta kacang merah.

Cara memasaknya sangat unik, dengan menjadikan kayu pinus sebagai bahan bakarnya. Sehingga, setelah Sangpyeon matang, aroma yang tercium adalah aroma khas kayu pinus. Dessert lezat ini sering dijadikan buah tangan kepada tetangga sebagai simbol menghargai satu sama lain.

2. Dasik

Dessert Lezat Korea Selatan Dasik
Dasik

Makanan penutup sekali gigit yang legit sekali rasanya. Dasik terbuat dari biji-bijian yang dicampur madu dan dicetak ke dalam dasikpan dengan bentuk yang menarik. Makanan ini sangat nikmat jika disajikan sambil minum teh. Warnanya beragam, mulai dari hijau, hitam, putih dan kuning. Masing-masing warna dan bentuk pada makanan ini melambangkan kedamaian, umur panjang dan keberuntungan.

3. Yaksik

Dessert Lezat Korea Selatan Yaksik
Yaksik

Yaksik, yang bermakna makanan obat menjadi salah satu dessert lezat Korea Selatan karena terdapat kandungan madu dalam adonan beras ketan yang dicampur dengan kacang pinus, jujube dan kacang kastanye. Orang Korea pada zaman dahulu menganggap madu adalah obat yang dapat menyembuhkan. Sehingga mereka sering mencampurnya ke dalam makanan.

4. Jeonggwa

 jeonggwa dessert lezat Korea Selatan
Jeonggwa

Jeonggwa merupakan dessert lezat Korea Selatan yang berbentuk manisan transparan. Jenis makanan yang bisa dijadikan jeonggwa adalah akar-akaran, potongan buah dan biji-bijian. Cara mengolahnya ialah dengan merendam jenis makanan tersebut ke dalam cairan berisi madu, gula atau sirup beras. Setelah cukup terendam, jeonggwa setengah jadi ini dikeluarkan, dipotong lalu dikeringkan.

5. Yakgwa

Yakgwa
Yakgwa

Yakgwa secara etimologis berasal dari kata yak yang berarti obat dan gwa  berarti manisan. Kudapan manis Korea ini terbuat dari adonan gandum yang digoreng. Yakgwa selalu dijadikan persembahan kepada leluhur dan kerap dihadirkan dalam pernikahan, hari raya Chuseok dan ulang tahun ke-16. Sayangnya, karena mahal yakgwa  hanya bisa dinikmati kalangan menengah ke atas.