Hasil MotoGP Prancis 2020, Danillo Petrucci finis terdepan (foto: JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)
Hasil MotoGP Prancis 2020, Danilo Petrucci finis terdepan (foto: JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)

DOMIGADO – Tim Repsol Honda akhirnya pecah telur di MotoGP Prancis 2020 yang berlangsung di Sirkuit Le Mans, Minggu (11/10), setelah Alex Marquez raih podium 2. Rider Ducatti, Danilo Petrucci, menjadi pemenang MotoGP Prancis dengan catatan waktu 45 menit 54,736 detik. Sedangkan para raider Yamaha harus mengakui bahwa MotoGP Prancis kali ini memang sulit ditaklukkan. Posisi terbaik pembalap Yamaha di serie Le Mans kali adalah finish ke 9 yang dicatatkan pembalam Petronas Yamaha Fabio Quartararo.

Jalannya balapan MotoGP Prancis 2020

Balapan sempat ditunda lima menit karena hujan turun sebelum race berlangsung. Race direction kemudian memutuskan balapan tetap berjalan dalam kondisi flag-to-flag. Fabio Quartararo yang memulai balapan dari pole, langsung turun ke posisi tiga di tikungan pertama. Valentino Rossi mengakhiri balapan lebih cepat setelah terjatuh di tikungan dua karena kesalahan sendiri.

Kecelakaan Rossi membuat Maverick Vinales dan Joan Mir tertahan dan terlempar dari posisi 15 besar. Tiga Ducati Jack Miller, Danilo Petrucci, dan Andrea Dovizioso memimpin balapan. Quartararo terus merosot dan terlempar dari posisi sepuluh besar. Pembalap asal Prancis itu sebelumnya tidak pernah memiliki pengalaman tampil di trek basah pada ajang MotoGP. Penampilan luar biasa ditunjukkan Alex Rins.

Pembalap Suzuki itu berhasil menyodok ke posisi empat meski start dari posisi 16 saat memasuki lap ke-13. Rins sempat naik ke posisi tiga dengan menyalip Miller di lap ke-15, namun Miller kemudian kembali melewati Rins satu lap kemudian. Drama terjadi pada lap ke-19. Dovizioso melorot ke posisi empat setelah Rins melakukan manuver luar biasa dan menyodok ke posisi dua, sementara Miller melebar. Masih di lap yang sama, sepeda motor Desmosedici Miller mengalami masalah dan mengakhiri balapannya.

Satu lap kemudian drama terjadi di tikungan kedua ketika Rins terjatuh. Kondisi itu membuat Dovizioso naik ke posisi dua dan Alex Marquez berada di posisi ketiga. Marquez sukses menyalip Dovizioso pada lap ke-24, namun masih terlalu jauh dengan Petrucci dengan 1,7 detik. Dovizioso yang kehabisan ban belakang terus menurun setelah disalip Pol Espargaro di dua lap terakhir.

Petrucci akhirnya meraih kemenangan MotoGP Prancis 2020 dengan mengalahkan Marquez dan Pol Espargaro yang masing-masing berada di urutan dua dan tiga. Sayangnya rider Yamaha harus tenggelam di Serie MotoGP Prancis kali ini. Quartarraro harus puas finish di posisi ke 9, di susul Vinales di posisi 10. Sedangkan Valentino Rossi dan juga muridnya Morbidelli gagal finis.

Momen kebangkitan tim Repsol Honda

Repsol Honda dan Alex Marquez akhirnya pecah telur (foto: Twitter/@marcmarquez93)
Repsol Honda dan Alex Marquez akhirnya pecah telur (foto: Twitter/@marcmarquez93)

Alex Marquez dan Repsol Honda akhirnya mengakhiri penantian podium pertamanya di MotoGP 2020. Alex berhasil finis di posisi kedua pada balapan MotoGP Prancis kali ini. Dari delapan seri berlalu, finis terbaik Alex adalah posisi ketujuh pada balapan Emilia Romagna dan posisi kedelapan di MotoGP Andalusia sebagai raihan terbaik keduanya. Sisanya, Alex lebih banyak finis di luar 10 besar, bahkan di posisi sekitar 13 sampai 17, setelah sempat sekali di posisi ke-12 pada balapan pembuka di Jerez.

Pada GP Prancis kali ini, Alex Marquez tampil begitu luar biasa. Mengawali start di posisi 18, dan balapan berlangsung di atas lintasan yang basah, Alex mampu menaklukkan satu per satu pebalap di depannya. Dibantu performa buruk para rider Yamaha sepanjang balapan, Alex akhirnya bisa naik ke baris terdepan menjelang akhir balapan termasuk mendahului Andrea Dovizioso yang kehilangan grip ban belakang.

Sampai akhirnya Alex mampu menyalip Pol Espargaro untuk finis posisi kedua pada balapan ini di belakang Danilo Petrucci, sekaligus meraih podium pertamanya bersama Repsol Honda. Ini juga jadi balapan basah pertama dalam karier Alex. Alex pun setidaknya bisa tersenyum karena bisa meraih podium pertama dalam kariernya di MotoGP.

Fakta menarik MotoGP Prancis 2020

(foto: Twitter/@ducaticourse)
(foto: Twitter/@ducaticourse)

Usai Danilo Petrucci keluar sebagai juara MotoGP Prancis yang berlangsung di sirkuit Le Mans, terdapat beberapa fakta meanarik yang juga perlu di ketahui. Dikutip dari laman CNNIndonesia, berikut ulasannya.

1. Danilo Petrucci merebut kemenangan kedua di MotoGP sepanjang kariernya setelah menang di MotoGP Italia tahun lalu.

2. Petrucci menjadi pemenang ketujuh berbeda di MotoGP 2020 setelah Fabio Quartararo, Brad Binder, Andrea Dovizioso, Miguel Oliveira, Franco Morbidelli, dan Maverick Vinales.

3. Petrucci menjadi pembalap ketiga asal Italia yang mampu memenangi balapan MotoGP 2020 setelah Dovizioso dan Franco Morbidelli.

4. Alex Marquez yang berstatus rookie musim ini merebut podium pertama di MotoGP.

5. Alex Marquez juga memberi podium pertama Honda di MotoGP 2020.