MotoGP 2020 akan gelar balapan tanpa penonton

Pandemi virus corona (covid-19) membuat jadwal penyelenggaraan MotoGP 2020 hingga kini masih belum jelas. Pihak Dorna selaku promotor MotoGP harus memutar otak bagaimana caranya agar ajang paling bergengsi balapan roda 2 ini tetap berjalan.

Dilansir dari Crash, Dorna mulai merancang scenario untuk menggelar balapan tanpa penonton dan menyusun rencana untuk menggelar balapan dengan kru di setiap tim berjumlah seminimal mungkin. Pihak Dorna pun telah mengirimkan surat elektronik kepada masing-masing tim untuk memberikan daftar minimal kru yang akan bertugas di paddock pada awal pekan ini.

Permintaan data minimal kru ini dilakukan Dorna agar mendapat persetujuan pemerintah tempat balapan MotoGP berlangsung. Dorna memerlukan angka yang tepat dan dari mana kru tersebut bepergian.

“Dalam skenario yang sekarang kami renungkan, akan ada balapan tertutup dengan kemungkinan beberapa personel tim berada di sirkuit,” ucap CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, kepada AS.

“Kami sedang mempersiapkan protokol bersama dengan otoritas terkait, misalnya Dewan Olahraga di Spanyol dan Komite Olimpiade Italia,” lanjutnya.

Namun, ada syarat yang harus ditaati para pebalap dan staf tim, dan pelaku MotoGP, yakni melakukan tes Covid-19 sebelum dan sesudah balapan.

“Kami juga mempersiapkan alat uji virus corona. Sepuluh ribu alat tes disiapkan dan semua akan diperiksa secara khusus sebelum dan setelah balapan setiap harinya. Dengan skenario ini, akan ada balapan tanpa penonton dengan personel seminimal mungkin.”