Ini dia daftar 5 striker terbaik Liga Inggris musim 2020 (foto: Getty Images)
Ini dia daftar 5 striker terbaik Liga Inggris musim 2020 (foto: Getty Images)

DOMIGADO – Liga Inggris selalu menjanjikan pertandingan menarik, ini tidak lepas dari pemain-pemain berlabel bintang yang bermain di salah satu liga terbaik di dunia tersebut. Yang selalu menjadi sorotan salah satunya adalah striker terbaik tiap klub di setiap musimnya. Siapa sajakah yang masuk kedalam daftar striker terbaik musim 2020 lalu? Tak ada nama Aguero, berikut 5 striker terbaik Liga Inggris musim 2020.

Dilansir dari laman Bolanet, dalam sejarahnya, Liga Inggris selalu dipenuhi oleh sejumlah striker yang tajam. Para pemain ini bisa dibilang sangat andal dalam urusan mencetak gol. Striker yang tajam bisa menjadi pembeda dalam pertandingan. Karena itu, setiap tim Liga Inggris berlomba-lomba merekrut striker yang berkualitas di bursa transfer.

Sepanjang tahun 2020, ada banyak striker yang tampil sangat mengesankan di Liga Inggris. Berikut ini lima di antaranya seperti dilansir Mykhel.

1. Olivier Giroud – Chelsea

Jika bukan karena Giroud, Chelsea mungkin tidak akan bermain di Liga Champions musim ini. Pemain Prancis itu tampil luar biasa untuk The Blues pada paruh kedua musim lalu. Dia mencetak begitu banyak gol penting untuk membantu The Blues finis keempat di klasemen akhir Premier League. Juara Piala Dunia itu sempat menjadi pilihan pertama di Stamford Bridge.

Namun kini spekulasi mengenai masa depan Olivier Giroud memasuki babak baru. Striker gaek Chelsea itu dilaporkan akan menjajaki karir di Spanyol. Sejak tahun lalu, Giroud memang dirumorkan ingin meninggalkan Chelsea. Setelah ia tidak menjadi striker utama The Blues di bawah kepemimpinan Frank Lampard.

Musim ini, situasi Giroud tidak kunjung membaik. Sehingga Giroud dilaporkan ingin cabut dari Chelsea di bursa transfer kali ini untuk mendapatkan jam bermain yang lebih reguler. Beredar kabar bahwa Giroud diminati sejumlah tim papan atas Italia. Namun Rai Sport mengklaim bahwa Giroud kini berpotensi melanjutkan karirnya di Spanyol, karena Atletico Madrid meminati jasanya.

2. Danny Ings – Southampton

Southampton asuhan Ralph Hasenhuttl tampil cukup mengesankan di tahun 2020. Alasan utama di balik performa bagus mereka adalah Danny Ings. Mantan striker Liverpool itu tampak seperti pemain yang terlahir kembali di St Mary’s Stadium. Ings sudah mencetak gol secara rutin untuk The Saints. Ia selalu menjadi pilihan utama di tim.

Ings sempat menghabiskan waktu selama tiga tahun di Liverpool. Ia juga sempat diasuh oleh Jurgen Klopp. Sayangnya saat itu Ings gagal menunjukkan performa terbaiknya bagi Liverpool. Pasalnya, ia kerap dilanda cedera yang membuatnya harus absen lama. Pada akhirnya, Klopp memutuskan untuk melepas Ings dari Liverpool pada musim panas 2018 lalu. Saat itu striker asli Inggris tersebut memilih bergabung dengan Southampton.

Setelah akhirnya terbebas dari trauma cedera lutut parah yang pernah menimpa kedua kakinya, Danny Ings mampu mengeluarkan potensi terbaiknya. Dan belakangan ini sedang on fire. Dari 15 laga terakhirnya di Premier League, Ings mampu mengemas 10 gol. Klopp mengaku meski sudah berpisah ia tetap memperhatikan perkembangan penyerang 27 tahun itu. Ia mengaku ikut senang melihat Ings tampil apik bersama Soton.

3. Dominic Calvert-Lewin – Everton

Carlo Ancelotti telah bekerja sama dengan beberapa striker terhebat di dunia selama karir kepelatihannya. Namun, sangat sedikit yang memperkirakan dia memiliki begitu banyak pengaruh pada Calvert-Lewin. Musim ini, striker asal Inggris itu telah membawa permainannya ke level yang baru. Calvert-Lewin telah mencetak 14 gol di semua kompetisi.

Sejak Carlo Ancelotti datang ke Goodison Park untuk menggantikan Marco Silva, nama Calvert-Lewin langsung menjadi buah bibir di sepakbola Inggris. Bahkan rumornya, Manchester United mengincar pemain kelahiran 16 Maret 1997 itu setelah gagal mendapatkan tanda tangan penyerang sensasional Norwegia, Erling Braut Haaland. Padahal, Calvert-Lewin bukanlah nama baru di Liga Primer Inggris.

Bersama Ancelotti, Everton berhasil meraih kemenangan beruntun pertama mereka di Liga Primer Inggris 2019/2020. Mengalahkan Burnley 1-0 dan menang 2-1 atas Newcastle United dalam periode sibuk sepakbola Inggris. Semua gol Everton tersebut dicetak oleh Calvert-Lewin. Membuat dirinya menjadi pemain paling produktif di divisi tertinggi sepakbola Inggris selama Bulan Desember (5 gol). Tidak bisa dipungkiri lagi, dirinya adalah penyerang utama The Toffees.

4. Harry Kane – Tottenham

Harry Kane dianggap sebagai salah satu striker paling berbakat di dunia. Bomber Tottenham itu telah menemukan dirinya kembali pada musim ini. Kapten Inggris itu telah mencetak 15 gol di semua kompetisi sejauh ini. Dia juga menciptakan assist untuk rekan satu timnya. Penampilan Kane bersama Son di lini depan Tottenham menjadi salah satu duet terbaik Liga Inggris musim 2020.

Kane menekuni dunia sepak bola sejak bergabung dengan tim junior Tottenham Hotspur sejak musim 2008-2009 dan bermain di tim U-16. Di musim 2009-2010, Kane bermain untuk tim Spurs U-18 di 22 pertandingan dengan mencetak total 18 gol. Kane sempat hijrah dan memperkuat beberapa klub lain seperti Norwich City.

Harry Kane jelas merupakan salah satu pemain terbaik pada beberapa musim terakhir Premier League. Gol-golnya berulang kali membantu dan menyelamatkan Tottenham, yang mungkin membuat Kane mulai dipertimbangkan sebagai legenda. Enam musim terakhir, Kane konsisten bersaing dalam daftar pencetak gol terbaik Premier League. Dia sudah mencetak 181 gol dalam 278 penampilan dan sudah dua kali meraih Golden Boot.

5. Jamie Vardy – Leicester City

Meski sudah berusia 33 tahun, Vardy tengah berada di puncak kariernya. Dia memenangkan Sepatu Emas Premier League musim lalu dengan 23 gol. Vardy juga sama bagusnya pada musim 2020 lalu. Striker asal Inggris itu sudah mencetak 13 gol di semua kompetisi termasuk sembilan di Premier League. Vardy selalu menjadi pilihan utama di lini depan Leicester.

Jamie Vardy, resmi meraih penghargaan Golden Boot setelah menjadi top skor Premier League musim 2019-20. Total pada sepanjang musim lalu, Vardy telah mengemas 23 gol. Ia unggul satu gol dari pesaing terdekatnya yakni striker Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang dan penyerang Southampton Danny Ings. Keduanya sama-sama mengemas 22 gol. Keduanya sebenarnya memiliki kans menyalip Vardy, karena saat Leicester City menghadapi Manchester United di pekan ke-38, striker berusia 33 tahun itu tak mencetak gol. Sementara itu Ings mencetak satu gol kala Southampton menghadapi Sheffield. DI tempat lain, Aubameyang mengemas dua gol saat Arsenal mengalahkan Watford dengan skor 3-2.