Juara Pialan Dunia Antarklub, Bayern Munchen raih sextuple (foto: AP Photo)
Juara Pialan Dunia Antarklub, Bayern Munchen raih sextuple (foto: AP Photo)

DOMIGADO – Bayern Munchen berhasil menjadi juara piala dunia antarklub usai taklukkan wakil Meksiko Tigres UANL. Laga yang berlangsung di Education City Stadium pada Jumat (12/2/2021) berjalan cukup sengit, Bayern Munchen hanya unggul satu gol dari Tigres UANL. Penampilan ciamik Kiper Tigres ASNL membuat lini serang Bayern Munchen hampir frustasi.

Satu-satunya gol Bayern Munchen diciptakan Benjamin Pavard pada menit ke-59. Pemain berkebangsaan Prancis tersebut mendapatkan bantuan dari Lewandowski yang menyajikan assist untuknya sebelum mencetak gol. Berkat satu gol tersebut, Bayern Munchen bisa menjuarai Piala Dunia Antarklub 2020.

Dilansir dari laman CNNIndonesia, Laga babak pertama berakhir tanpa gol. Bayern sempat menceploskan bola ke gawang kiper Tigres Nahuel Guzman melalui sepakan Joshua Kimmich pada menit 19. Namun gol ini dianulir setelah pengecekan VAR menunjukkan Robert Lewandowski offside dan menghalangi Guzman.

Bayern yang tampil tanpa Jerome Boateng karena alasan pribadi dan Thomas Mueller yang positif Covid-19 mendominasi babak pertama dan hampir dua kali mencetak gol, namun Tigres menunjukkan mampu bertahan dan membuat wakil Jerman itu kesulitan. Pada awal babak kedua Bayern tetap mendominasi, namun Tigres masih cukup kuat bertahan. Gol tunggal Bayern dicetak Pavard pada menit 59 setelah mendapat bola liar usai Lewandowski berjibaku dengan Guzman.

Gol ini awalnya dianulir karena hakim garis menyatakan Lewandowski offside, namun gol disahkan setelah pengecekan VAR yang kali ini memihak Bayern. Tigres berupaya lebih menyerang untuk menyamai kedudukan, namun gol tak pernah datang sampai tiga menit perpanjangan waktu. Justru Bayern yang sempat berpeluang namun digagalkan aksi gemilang Guzman.

Bayern sebelumnya sudah menjadi juara Piala Dunia Antarklub sebanyak empat kali pada 1976, 2001, dan 2013, dengan dua kemenangan awal terjadi pada era Piala Intercontinental. Bayern total sudah mengumpulkan enam trofi pada musim ini, menyamai rekor Barcelona. Sementara buat Tigres, perjalanannya sampai ke final adalah prestasi terbaik klub yang belum pernah dicapai klub asal Meksiko. Tigres adalah klub pertama dari zona CONCACAF yang mampu mencapai final FIFA Club World Cup.

Bayern Munchen Raih Sextuple

Gelar Piala Dunia Antarklub ini adalah raihan gelar ke enam Bayern Munchen dalam satu musim. Dengan demikian, Bayern Munchen berhasil meraih Sextuple. Kompetisi yang dimenangkan Bayern Munchen di musim ini diantaranya Liga Champions, Bundesliga, DFB-Pokal, Piala Super Eropa, DFL-Supercup dan Piala Dunia Klub 2020.

Rekor Sextuple yang diraih Bayern Munchens sekaligus menyamai rekor Barcelona yang sebelumnya pernah diraih klub asal Spanyol tersebut di tahun 2009 saat dibawah asuhan Pep Guardiola. Menerapkan taktik Tiki Taka, Guardiola membawa Los Cules merengkuh trofi La Liga, Copa del Rey, Liga Champions, Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa, dan terakhir Piala Dunia Antarklub.

Dilansir dari laman Bolacom, Pelatih Bayern Munchen, Hansi Flick, mengaku bangga dengan keberhasilan timnya menjuarai Piala Dunia Antarklub 2020. Flick menyebut prestasi tersebut membuat Bayern telah mengukir sejarah.

Bagi Hansi Flick, keberhasilan Bayern menjuarai Piala Dunia Antarklub 2020 merupakan prestasi yang membanggakan. Apalagi, Bayern mengukir sejarah berkat torehan enam gelar juara dalam setahun.

“Selamat untuk tim saya. Mereka telah menyelesaikan prestasi bersejarah, mereka telah memenangkan enam gelar dalam satu musim,” kata Hansi Flick.

“Bahkan untuk klub tersukses seperti Bayern Munchen, ini adalah musim yang paling sukses. Tim bermain dengan luar biasa. Kami tampil dominan, dan pantas memenangkan laga final,” lanjutnya.

“Itu juga sangat sulit bagi saya, kami semua berada pada batasnya, hal yang sama berlaku untuk saya di pinggir lapangan. Pertandingan melawan Tigres berada di level yang sama, meski kami mendominasi. Mereka pantas berada di final,” kata Flick.

Benjamin Pavard jadi pahlawan

Benjamin Pavard menjadi pahlawan bagi Bayern Munchen pada laga final Piala Dunia Antarklub 2020. Berkat gol Pavard, Bayern merengkuh trofi juara sekaligus merengkuh trofi keenam dalam 12 bulan terakhir. Pavard pun tampil impresif dalam pertandingan tersebut. Selain membantu pertahanan, pergerakan pemain Timnas Prancis itu dalam membangun serangan Die Bayern kerap merepotkan barisan belakang Tigres.

Dia akhirnya sukses mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-59. Bola hasil tembakan voli kaki kanan Benjamin Pavard menghujam deras gawang Tigres. Sampai pertandingan berakhir, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Bayern Munchen akhirnya sukses menyudahi pertandingan dengan kemenangan 1-0.

Hasil tersebut membuat The Bavarians berhak atas gelar juara Piala Dunia Antarklub, sekaligus meraih enam trofi dalam satu tahun terakhir. Sebelumnya, Bayern Munchen merengkuh trofi Bundesliga, DFB Pokal, Liga Champions, DFL Super Cup, dan Piala Super Eropa.

Sementara itu bagi Benjamin Pavard, titel juara tersebut juga terasa spesial. Pasalnya, Pavard berhasil merasakan gelar juara dunia di level klub dan timnas. Benjamin Pavard merengkuh trofi Piala Dunia 2018 bersama Timnas Prancis.

Torehan spesial lainnya adalah gol pertama Pavard bersama Timnas Prancis di Piala Dunia 2018. Adapun gol pertama Pavard di kompetisi resmi bersama Bayern Munchen adalah di Piala Dunia Antarklub 2020.