5. Desert box

Booming karena resepnya viral di media sosial resep sajian satu ini banyak dibuat di Instagram dan TikTok. Makanan ini mulai jadi tren pada pertengahan tahun 2020. Varian dessert box ada banyak seperti tiramisu, Vanilla Panna Cotta, Dessert Box Chocolate Black Forest, Dessert Box Red Velvet Nougatine, Dessert Box Dalgona Strawberry dan masih banyak lagi.

6. Kopi susu literan

Bisa dikatakan kopi literan adalah sajian alternatif para kedai kopi bertahan saat masa pandemi. Dengan kopi literan, masyarakat tetap menyeruput es kopi susu gula aren kesukaannya meski mengandalkan ojek online. Walau banyak kedai kopi saat itu yang hanya boleh melayani take away dan delivery, mereka tetap bisa menjajakan kopi berkat kopi literan.

7. Popcorn permen

Chef Arnold Poernomo, adalah orang dibalik viralnya jajanan popcorn permen pada akhir 2020. Resep popcorn unik ini digandrungi setelah Arnold membuat popcorn dengan permen kopi berlapis emas. Cara membuatnya sebenarnya sederhana, pertama permen dilelehkan kemudian dimasak bersama biji jagung sampai meletup-letup hingga menjadi popcorn.

8. Korean sweet potato bread

Lagi-lagi datang dari Korea Selatan, sajian lain yang jadi tren pada 2020 adalah korean sweet potato bread. Roti yang disebut juga sweet potato mochi bread ini punya tekstur kenyal dan rasa khas ubi jalar yang manis. Banyak orang yang menjajakan sajian ini, selain itu juga banyak orang yang memesan hingga haarus mengantri dua minggu pemesanan di awal.

9. Oreo supreme

Kalau sajian satu ini viral karena harganya selangit. Produk hasil kolaborasi merek Supreme dan Oreo ini berhasil tren sekitar Mei 2020. Banyak Youtuber mengulas Oreo warna merah dengan harga fantastis ini. Termasuk Youtuber Indonesia Rachel Vennya dan Rachel Goodard. Satu bungkus Supreme Oreo di eBay harganya bisa mencapai 18.000 dollar AS atau setara Rp 269 juta. Bahkan ada juga laporan yang menyatakan tentang pembeli yang rela mengeluarkan uang sebesar 1.250 dollar AS atau setara 18,6 juta untuk 12 biskuit Supreme Oreo.

10. Peach gum

Minuman manis dari getah pohon persik ini justru semakin banyak peminat pada masa pandemi virus corona. Sebab, manfaatnya yang diklaim dapat meningkatkan kesehatan. Tren peach gum di Indonesia dimulai sejak setahun belakangan. Alasan lain minuman ini banyak peminatnya adalah memiliki rasa yang manis alami dan teksturnya kenyal serta lembut. Getah pohon persik juga bisa diolah menjadi dessert dan hidangan utama seperti Herbal Chicken Soup.