Ilustrasi foto shutterstock.com

Rutinitas harian yang padat tentu membuat pikiran lelah, jenuh dan mudah stres. Untuk menghilangkan kejenuhan, kamu memerlukan liburan. Kamu dapat merencanakan dan melakukan perjalanan sendiri atau biasa dikenal solo traveling ke berbagai destinasi wisata yang berada di dalam maupun luar negeri.

Bagi kamu yang akan menikmati perjalanan liburan sendiri, tentu akan mengalami rasa was-was seperti takut dengan tempat baru, kesepian, kurang merasa aman, dan kekhawatiran lain yang menghantui pikiran. Namun dibalik kekhawatiran itu, sebenarnya apa sih manfaat dari solo traveler? Lalu apa yang harus dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan sendiri? Berikut 8 tips yang harus dipersiapkan agar liburanmu menjadi menyenangkan.

1. Lakukan Riset Destinasi yang Dikunjungi

Sebelum melakukan solo traveling, pastikan kamu telah melakukan riset sebelumnya. Penting bagi kamu untuk membuat list tempat mana saja yang akan kamu kunjungi. Mulai dari riset tempat-tempat yang akan dikunjungi hingga riset perjalanan dan penginapan. 

Tidak seperti traveling dengan keluarga, teman, atau pasangan, ketika solo traveling kamu tidak bisa berdiskusi dengan partnermu. Sehingga kamu harus memutuskan semua hal sendirian. Agar semuanya berjalan lancar, sebaiknya rencanakan semuanya sebelum berangkat. Riset ini akan menjadi petunjuk utama dalam melakukan perjalanan kamu. Riset sangat penting dilakukan, agar kamu dapat memilih kendaraan yang tepat saat tiba di lokasi dan mengetahui tempat penginapan yang aman dan nyaman.

Ilustrasi Foto. blog.reservasi.com

2. Rencanakan Keuangan

Bepergian seorang diri tentu membuatmu harus mempersiapkan segalanya secara tepat, termasuk anggaran keuangan dan rencana perjalanan. Tulis rencana keuangan secara detail mulai biaya perbekalan, biaya transportasi dari rumah ke lokasi wisata, biaya hotel, biaya paket data internet yang akan kamu gunakan selama traveling, hingga siapkan juga dana darurat untuk keperluan tak terduga,

Sebaiknya jangan membawa terlalu banyak uang cash untuk meminimalisir kehilangan. Tidak semua orang akan baik di perjalanan, bisa saja kamu akan menemukan orang jahat. Sehingga bayar semuanya di awal seperti biaya tiket perjalanan dan hotel yang saat ini sudah bisa dibayarkan secara online. 

3.  Pisahkan Uang dan Dokumen

Berwisata seorang diri tentu harus membuatmu benar-benar mampu menjaga diri dengan sangat baik. Persiapan yang matang dan terencana tentu merupakan langkah tepat sebelum memulai solo traveling. Selanjutnya pastikan kamu menyimpan uang dan dokumen penting yang akan kamu bawa selama perjalanan secara terpisah, hal ini agar lebih membuat dokumenmu tetap aman.

Selain itu, jangan lupa memfoto setiap dokumen penting seperti KTP, SIM, passport dan lain-lain. Hal ini untuk mengantisipasi keadaan tidak terduga yang seperti kehilangan tas. Kejahatan dapat terjadi dimanapun. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kamu dapat memindai atau memfoto setiap dokumen penting yang kamu bawa.

4.    Pilih Destinasi yang Cocok

Tentukan destinasi wisata yang cocok untuk kamu kunjungi, hal ini agar tujuan wisatamu sesuai dengan keinginan. Bagi kamu yang menyukai wisata petualangan, kamu dapat memilih destinasi wisata yang berhubungan dengan alam seperti wilayah pegunungan dan perbukitan. Dengan memilih destinasi sesuai keinginan, maka setiap perjalanan yang kamu lakukan akan lebih menyenangkan.

5.    Light Packing

Ilustrasi foto. customtuscany.com

Saat melakukan solo traveling, tentu kamu harus membawa semua barang sendirian. Agar tidak menyusahkan kamu selama perjalanan, buatlah beban koper seringan mungkin. Nah agar kamu tidak berat membawa kopermu sendirian, bawalah peralatan yang benar-benar kamu butuhkan sehingga tidak memberatkan bawaanmu selama dalam perjalanan.

Sebelum berangkat, kamu dapat menulis nama barang yang benar-benar kamu butuhkan, misalnya kamu tidak perlu membawa banyak sepatu di dalam perjalananmu. Dengan membawa barang yang hanya dibutuhkan selama liburan, kamu dapat membuat liburan lebih menyenangkan. Selain barang yang kamu bawa tidak terlalu berat, kamu juga dapat lebih fokus terhadap kegiatan berliburmu.

6.    Catat Nomor Penting

Sebelum melakukan solo traveling pastikan kamu sudah menulis dan menyimpan kontak-kontak penting dari daerah yang akan dikunjungi, seperti nomor telepon penginapan, rumah sakit, dan polisi. Selain itu, jangan lupa untuk menyimpan nomor orang terdekat agar lebih memudahkanmu dalam berkabar. Selain menyimpan kontak-kontak tersebut di handphone, kamu juga harus mencatatnya di buku nota kecil untuk berjaga-jaga.

7.    Pilih Kedatangan Pagi Hari

Ketika kamu memilih melakukan solo traveling, maka keamanan harus diutamakan terlebih jika kamu perempuan. Pilihlah kedatangan pagi hari untuk sampai di negara atau kota tujuan. Tiba saat pagi atau siang hari dapat memudahkanmu menuju ke penginapan, sehingga kamu lebih aman selama perjalanan.

8.    Jangan Perlihatkan Barang Berharga

Kejahatan dapat mengintai dimanapun kamu berada, sehingga jangan terlalu sering menampakkan barang berharga seperti handphone, kamera, dan barang berharga lain. Selain itu, jangan gunakan perhiasan berlebih yang dapat dengan mudah dilihat orang lain atau kamu dapat menyimpan perhiasanmu di rumah sehingga lebih aman.

Solo traveling bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang, namun cukup menegangkan bagi orang yang baru pertama mencobanya. Tips di atas bisa kamu terapkan saat melakukan perjalanan sendirian. Selain itu, pastikan untuk tetap fokus dan waspada selama dalam perjalanan. Selamat solo traveling!

Author : Anggi Putri