travelling seru tetap jaga lingkungan, source pinterest
travelling seru tetap jaga lingkungan, source pinterest

Domigado – Kamu hobby travelling? Travelling ke berbagai tempat yang indah memang menyenangkan. Banyaknya destinasi yang indah pastinya tak luput dari lingkungan yang terjaga dengan baik dan bersih, sehingga kita bisa mendapatkan pengalaman liburan yang seru. Tentunya jika tujuan travelling kita sesuai ekspektasi dan memuaskan, pasti akan membuat mood kita saat travelling jadi baik kan.

Tapi pernah nggak sih saat capek-capek datang ke tempat wisata, eh lokasinya kotor banget karena sampah berserakan? Aneka sampah, termasuk sampah puntung bertebaran di mana-mana. Ini menunjukkan kesadaran turis terhadap kebersihan masih kurang sekali. Sayangnya, situasi ini seakan melazimkan turis-turis lain juga nyampah sembarangan.

Nah, selain keuntungan traveling yang kita dapat buat diri sendiri, sebagai traveller berkualitas kita juga harus memberikan treatment yang sama untuk lingkungan sekitar bukan? Saat ini, isu lingkungan seperti polusi udara, sampah plastik yang menumpuk, kurangnya persediaan air bersih ternyata sering ditimbulkan dari kebiasaan traveling, lho. Jangan sampai kalian meninggalkan jejak sampah, seperti sampah puntung, yang membahayakan lingkungan.

Untuk itu, sebagai traveler yang baik, kamu wajib tahu cara traveling ramah lingkungan seperti berikut ini

Bawa Tumbler Pribadi saat Travelling

travelling seru tetap jaga lingkungan, source pinterest
travelling seru tetap jaga lingkungan, source pinterest

Jangan menyepelekan sampah. Sedikit-sedikit, sampah pasti akan menggunung tanpa disadari. Termasuk juga sampah botol plastik yang sering jadi biang kerok masalah lingkungan. Mulailah berubah dengan menggunakan tumbler sebagai alternatif botol minuman. Tumbler akan menjadi awalmu mengurangi sampah saat traveling. Tumbler bisa menjaga suhu minuman lebih lama daripada botol berbahan lain. Dengan membawa tumbler, kamu bisa hemat dengan nggak membeli minuman dingin saat traveling. Atau kamu juga bisa menjaga kopi favorit tetap hangat selama perjalanan dengan tumbler.

Bawa Kantong Belanja Pakai Ulang setiap Kamu Travelling

travelling seru tetap jaga lingkungan, source pinterest
travelling seru tetap jaga lingkungan, source pinterest

Sampah kantong plastik bisa bikin pusing karena saking banyaknya. Apalagi masa urai sampah plastik bisa sampai ratusan hingga ribuan tahun, lho. Untuk menguranginya, kamu bisa membawa kantong belanja yang bisa dipakai berulang kali seperti totebag, tas kain, dan lainnya. Tas ramah lingkungan ini juga bisa dimanfaatkan sebagai wadah aneka sampah, termasuk sampah puntung. Beberapa kantong belanja pakai ulang juga punya desain menarik. Dengan ini, kamu bisa selalu fashionable sambil menyelamatkan lingkungan.

Pouch Multifungsi

Pouch multifungsi sangat berguna karena bisa digunakan menyimpan apa pun. Kerennya lagi, kamu bisa menghindari buang sampah sembarangan dengan pouch satu ini. Misalnya saja kamu bisa menyimpan sampah puntung tanpa perlu takut berceceran di mana-mana. Selain itu, kamu bisa menyimpan berbagai barang essensial traveling lain seperti earphone, hand sanitizer, tisu, dan masih banyak lainnya.

Menggunakan Transportasi Umum saat Travelling

travelling seru tetap jaga lingkungan, source pinterest
travelling seru tetap jaga lingkungan, source pinterest

Ada hubungan sangat penting antara menjaga lingkungan dan menggunakan transportasi  umum, yaitu tentang energi sumber daya dan pemanfaatannya.

Bahan bakar kendaraan seperti bensin dan solar berasal dari olahan minyak bumi yang didapat dari bahan energi fosil. Namun, karena populasi penduduk dunia dari zaman ke zaman semakin banyak, keberadaan bahan bakar ini semakin langka.  Selain itu, bahan bakar tersebut dalam penggunaannya juga menimbulkan polusi udara. Itu sebabnya dengan menggunakan alat transportasi umum, kamu membantu mengurangi eksploitasi energi sumber daya dan emisi gas buang akibat pemakaian kendaraan pribadi. Atau lebih baik berjalan kaki menuju tempat wisata. Menggunakan transportasi kereta api juga bisa jadi pilihan lain yang tepat.

Hemat Penggunaan Listrik Dan Air

Ketika traveling, kita banyak menggunakan layanan milik orang lain. Terkadang, ini membuat sebagian traveler jadi boros memakai fasilitas yang ada karena merasa bukan milik sendiri. Contohnya, seperti penggunaan listrik dan air saat di penginapan.

Jangan lupa untuk mematikan AC ruangan saat hendak berpergian. Begitu juga dengan shower atau keran air harus dimatikan ketika sedang tidak dipakai. Dengan begini, kamu dapat ikut menyelamatkan bumi dari pemanasan global, termasuk dalam mencegah habisnya persediaan air besih.

Jangan Buang Sampah Sembarangan

Tidak membuang sampah sembarangan adalah cara paling simple dan yang sangat mudah dilakukan oleh diri sendiri, tapi sering diabaikan. Apalagi, di tempat-tempat seperti transportasi umum, pinggir jalan, bahkan tempat wisata. Jika tidak ada tempat sampah terdekat di sekitarmu, simpan saja dulu sampah yang ingin dibuang di tas atau kantong khusus sampah.

Nah, untuk kamu yang traveling ke pantai, jangan pernah sekali-kali membuang sampah ke laut, ya. Karena tiap sampah yang kamu buang akan berdampak untuk kelangsungan makhluk hidup di laut, bahkan produksi garam dari laut yang kita konsumsi sehari-hari.

Jangan Merusak Tempat Wisata

travelling seru tetap jaga lingkungan, source pinterest
travelling seru tetap jaga lingkungan, source pinterest

Sebagai traveller sejati, jangan lupa untuk menjaga lingkungan wisata, bukan hanya menikmati keindahannya saja. Taati setiap peraturan yang ada demi mempertahankan kealamian wisata seperti sedia kala. Misalnya, tidak membuang sampah sembarangan, tidak menyentuh koral saat diving, tidak memberi makan hewan sembarangan di kebun binatang, tidak menginjak bunga di taman wisata demi selfie semata, tidak membawa pulang barang berharga milik wisata, dan sebagainya.

So guys, jadilah traveller yang turut andil bagian dalam menjaga kelestarian lingkungan. Mari meninggalkan jejak tapi jangan sampah, ya. Dengan begitu kamu juga berkontribusi besar dan bertanggung jawab atas lingkungan yang baik, sehat dan nyaman. Tunjukkan kalau kamu traveler berkualitas dengan nggak membuang sampah sembarangan. Kalau lingkungan nyaman, travelling kamu juga pasti memuaskan kan?