Treasure Bay Lagoi Bintan, Kolam Renang Terbesar Se-Asia Tenggara (foto: yukpigi)
Treasure Bay Lagoi Bintan, Kolam Renang Terbesar Se-Asia Tenggara (foto: yukpigi)

DOMIGADO – Treasure Bay Bintan merupakan kolam renang terbesar di Asia Tenggara. Kolam renang ini memilikiluas mencapai 6,3 hektar, dan panjang 800 meter. Jika dihitung-hitung, luas permukaan kolam renang di Treasure Bay Bintan setara dengan 50 kolam renang untuk ukuran olimpiade. Daya tampung air kolam renang Treasure Bay Bintan mencapai 115 juta kubik, dengan kedalaman terjauh adalah 2,5 meter.

Treasure Bay Bintan, terletak di Pulau Bintan, Kepulauan Riau. Tidak hanya kolam renang, keindahan alamnya patut membuat banyak wisatawan berminat untuk jalan-jalan ke sana. Meskipun kolam buatan, Treasure Bay Lagoi diklaim ramah terhadap lingkungan. Hal itu dibuktikan dengan penggunaan produk kimia 100 kali lebih sedikit.

Sebagai gantinya, digunakan lah teknologi inbivatid Crystal Lagoons yang berguna untuk menyaring air yang ramah terhadap lingkungan, hemat energi, dan lebih efisien. Ini pula alasan mengapa kolam renang itu memiliki air yang sangat jernih dan berwarna kebiruan, layaknya crystal water. Bagian tepi kolam sengaja didesain landai seperti pemandangan pantai, miring ke bawah hingga ke tengah, membuat para pengunjung beraa benar-benar merasa sedang berlibur ke pantai.

Di samping itu, dasar kolam renang tidak menggunakan pasir, tapi menggunakan fiber berwarna putih yang sekilas nampak seperti pasir. Menggunakan fiber bukan berarti pasir aslinya terbuang, Pasir asli kolam juga tetap ada, hanya saja ditempatkan di bagian tepi luar kolam yang tak tersentuh air. Dengan segala keunikan yang dimilikinya, wajar jika Treasure Bay Bintan menjadi destinasi yang mulai banyak diincar oleh wisatawan mancanegara.

5 hal yang bisa dilakukan di Treasure Bay Lagoi Bintan

Kamu bisa bermain kayak layaknya di pantai sungguhan (foto: SG Tatler)
Kamu bisa bermain kayak layaknya di pantai sungguhan (foto: SG Tatler)

Geliat wisata di Kepulauan Riau tercatat semakin meningkat. Sebagian besar wisatawan domestik, Bintan mungkin belum menjadi pilihan utama untuk mengisi liburan. Namun sebaliknya, Bintan malah menjadi destinasi favorit wisatawan mancanegara. Mudah dijangkau dari Singapura dan Malaysia, menjadi alasan tersendiri mengapa wisatawan manca tertarik untuk datang ke sini.

Treasure Bay Lagoi Bintan, adalah salah satu destinasi wisata favorit turis mancanegara. Lalu aktivitas apa saja yang bisa dilakukan di Treasure Bay Lagoi Bintan? Melansir laman Phinemocom, berikut ulasannya.

1. Bersantai di Cabanas

Rasanya ada yang kurang jika berlibur ke pantai tanpa menikmati keindahan sunsetnya. Masing-masing lokasi wisata pantai mempunyai kekhasan tersendiri akan panorama sunsetnya. Dari Treasure Bay Bintan, Kamu bisa membooking cabanas selama seharian dan bersantai di tepian pantai dan kolam renang super luas ini. Ngobrol santai bersama pasangan di sini akan terasa lebih intim.

2. Bermain kayak dan paddle boarding

Jika Kamu takut ubur-ubur, maupun phobia dengan ombak, maka bermain kayak tak perlu dilakukan di laut lagi. Di kolam ini, kamu bisa bermain kayak layaknya di pantai sungguhan. Masih kurang? Kamu bisa menikmati water sport lain yang juga dilakukan di dalam area kolam, seperti berdiri di paddle board, menjajal berlayar, bahkan flyboard ride.

Wahana-wahanadi Treasure Bay Bintan bisa Kamu sewa dengan tarif beragam, mulai dari Rp 40 Ribu hingga Rp 300 Ribu. Bonus bagi Kamu yang menginap di Hotel The Canopi yang berlokasi di pinggir kolam ini, Kamu bisa menikmati semua wahana tersebut secara gratis.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Treasure Bay Bintan (foto: bintan resorts)
Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Treasure Bay Bintan (foto: bintan resorts)

3. Keliling kolam dengan Segway

Bagian pinggir kolam disediakan jalur yang bisa dilalui baik bagi pejalan kaki maupun dengan kendaraan yang merupakan wahana di tempat ini. Jangan lewatkan mengelilingi tempat ini dengan menggunakan segway, skuter, maupun mobil ford yang ramah lingkungan dan didesain tanpa suara.

4. Bersantap di Beach Bar

Dari beach bar dan bora bora yang ada di Treasure Bay Bintan, Kamu bisa menikmati hidangan lokal maupun internasional yang disajikan khusus untuk memanjakan lidah Kamu. Kapan lagi, Kamu bisa menikmati panorama indah di Bintan sambil menyantap hidangan lezat racikan langsung dari para chefnya?

5. Menikmati lembutnya crystal water

Treasure Bay Bintan bukan sembarang kolam renang. Sebagai yang termegah di Asia Tenggara, Air di kolam ini nampak sangat jernih dan berwarna kebiruan, layaknya crystal water. Dengan berenang di kolam ini, Kamu dapat merasakan lembutnya air kolam dipadu dengan paparan sinar matahari dan angin sepoi-sepoi yang menghembus.

Bagian tepi kolam didesain landai, miring ke bawah hingga ke tengah persis seperti pantai. Dasarnya tidak menggunakan pasir, melainkan fiber berwarna putih yang sekilas nampak seperti pasir. Meski begitu, pasir pantai yang asli tetap ada. Hanya saja ditempatkan di bagian tepi luar kolam yang tak tersentuh air.

Bagaiman cara menuju ke sini

Hindari musim liburan Singapura dan China jika ingin kesana (foto: bintan resorts)
Hindari musim liburan Singapura dan China jika ingin kesana (foto: bintan resorts)

Wisatawan bisa menggunakan jalur udara dari Pulau Jawa. Dari Jakarta, banyak penerbangan menuju Tanjung Pinang. Setelah sampai di Bandara Raja Haji Fisabilillah, wisatawan bisa menggunakan taksi. Taksi di sini tidak menggunakan argo, jadi Anda harus pintar-pintar nego harga.

Bagi backpacker, disarankan untuk mengambil penginapan di luar atau di sekitar Lagoi. Banyak hotel, motel dan penginapan lain di sekitar Lagoi yang low budget. Menyesuaikan dengan kebutuhan, harga tentunya sesuai fasilitas dan kebutuhan mulai dari Rp 200.000.

Waktu terbaik untuk backpacker tentunya di luar peak season. Hindari musim liburan Singapura dan musim liburan China. Hindari liburan turis-turis asing agar liburan kamu tidak bentrok dengan turis asing yang tentu saja harganya akan menjadi mahal. Biasanya jika permintaan meningkat harga juga pasti akan ikut naik.

Untuk mengeksplor Bintan, tentunya kamu perlu kendaraan pribadi. Pasalnya kendaraan umum di sini sangatlah minim. Kamu bisa menyewa mobil dan motor dengan tarif yang sama seperti di Pulau Jawa, yaitu sekitar Rp 300.000 per hari untuk minibus tanpa supir.

Untuk penyewaannya sendiri, ada baiknya mencari yang terjangkau terlebih dulu via internet sebelum kamu ke sana. Selain sewa kendaraan, kamu harus memaksimalkan fasilitas hotel. Layanan antar jemput dari beberapa hotel sangatlah berguna bagi kamu yang tidak membawa kendaraan pribadi.