Mie Khodon kuliner khas Bandar Lampung
Mie Khodon Bandar Lampung

Domigado – Bandar Lampung adalah ibukota provinsi Lampung yang letaknya berada di bagian selatan pulau Sumatera. Kota ini memiliki beragam destinasi wisata alam sangat indah dan masih alami, khususnya wisata pantainya yang memukau. Selain dikenal dengan berbagai destinasi pantai yang memanjakan mata, kota ini juga memiliki beragam kuliner khas Bandar Lampung yang wajib dicoba. Salah satu kuliner khas yang dapat ditemui di Bandar Lampung yaitu Mie Khodon. 

Mie khodon adalah salah satu kuliner khas Bandar Lampung yang dapat Anda temui di kedai mie milik pak Khodon. Kedai mie yang telah berdiri sejak tahun 1960-an ini menawarkan mie dengan kelezatan rasanya. Kedai mie yang masih eksis hingga sekarang ini memiliki banyak pelanggan baik dari dalam maupun luar kota. 

Keunikan Mi Khodon yang Legendaris

Nama mie khodon diambil dari nama dari nama penjual pertama yang biasa dipanggil pak Khodon oleh pelanggannya. Mie di kedai Mie Khodon ini memiliki ukuran yang lebih besar dengan tekstur lebih kenyal dibandingkan mie pada umumnya. Mie ini juga dibuat sendiri oleh pemiliknya tanpa menggunakan bahan pengawet, sehingga lebih aman saat dikonsumsi. 

Mie Khodon khas Bandar Lampung ini memiliki tekstur kenyal dan gurih saat dimakan, sehingga dapat membuat Anda ketagihan saat pertama kali mencicipinya. Disajikan dengan suwiran ayam, sayur kol, sayur sawi, dan bawang goreng semakin menambah kenikmatan rasanya. Selain itu mie khodon juga dibuat menggunakan kaldu pilihan sehingga menghasilkan rasa gurih yang semakin memanjakan lidah.

Keunikan mie Khodon daripada mie lain yaitu taburan ebi atau udang kering yang ditambahkan saat mie akan disajikan. Rasa gurih dari udang kering inilah yang membuat mi legendaris khas Bandar Lampung terasa lebih nikmat. Perpaduan gurih dan aroma kuah kaldu yang lezat semakin membuat mie terasa lebih istimewa. 

Mie legendaris ini dijual dengan harga terjangkau, sehingga banyak pelanggan yang tetap setia menikmati mi khas Bandar Lampung ini. Selain itu, mie ini disajikan dengan isi yang cukup banyak dalam satu porsinya, sehingga dapat lebih mengenyangkan.  

Mie rebus Khodon khas Bandar Lampung
Mie rebus Khodon khas Bandar Lampung

Alamat Lengkap Mi Khodon Khas Bandar Lampung

Mie khodon khas Bandar Lampung ini berlokasi di jalan Ikan Bawal No.22, Kecamatan Teluk Betung Selatan, Kota Bandar Lampung. Kedai Mie Khodon buka mulai pukul 13.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Kedai mie legendaris ini selalu ramai oleh pembeli, sehingga mie biasanya habis dahulu sebelum waktunya tutup. Bagi Anda yang ingin menikmati seporsi mi legendaris ini disarankan datang antara pukul 13.00 WIB hingga pukul 15.30 WIB agar tidak kehabisan.

Awalnya mie di kedai Mie Khodon dijual dengan cara dipikul sambil berkeliling. Kemudian mie ini semakin laris dan banyak digemari, hingga akhirnya membuka kedai untuk berjualan. Kualitas rasa yang tetap terjaga membuat pelanggan tetap menyukai mie yang hingga kini tetap berdiri dan dijual oleh generasi ke-3. 

Kedai mie Khodon yang berdiri sejak tahun 1960-an
Kedai mie Khodon yang berdiri sejak tahun 1960-an