nasi bisa diolah menjadi berbagai kuliner menarik nan menggoda, source pinterest
nasi bisa diolah menjadi berbagai kuliner menarik nan menggoda, source pinterest

DOMIGADO – Nasi sudah menjadi makanan pokok yang tidak bisa dilewatkan, terlebih bagi penduduk Asia. Belum kenyang rasanya jika belum menyantap nasi, meskipun perut sudah terisi dengan mie, bakso, gado-gado, atau yang lainnya. Masing-masing negara tentu memiliki menu olahan nasi yang khas sesuai dengan lidah penduduknya. Di Indonesia sendiri, nasi bisa diolah menjadi berbagai kuliner menarik nan menggoda, sebut saja nasi goreng, nasi kuning, nasi uduk, nasi liwet, dan banyak olahan lainnya. Bahkan nasi goreng Indonesia sudah mendunia, loh!

Namun rupanya tidak hanya dikawasan Asia saja, nasi menjadi menu pokok yang wajib disajikan di meja. Negara-negara di Eropa hingga Afrika juga memiliki olahan nasi lezat yang biasa mereka santap sebagai hidangan istimewa. Dengan cara memasak yang sedikit berbeda, kuliner bebahan dasar dari nasi ini mampu menghadirkan cita rasa yang sangat lezat dan mendunia. Bahkan, kuliner tersebut diklaim sebagai menu andalan negara yang bersangkutan.

Tidak banyak orang yang tahu jika di beberapa belahan dunia lain juga menjadikan nasi sebagai menu andalan yang luar biasa lezatnya.Lantas, apa saja yaa menu olahan berbahan nasi dari berbagai negara yang bisa membuat lapar mata? Yukk disimak!

1. Ogokbap (Korean Multigrain Rice) – Korea Selatan

Ogokbap atau Jagokbap adalah nasi kukus campur yang lezat dan sehat, source pinterest
Ogokbap atau Jagokbap adalah nasi kukus campur yang lezat dan sehat, source pinterest

Korea Selatan punya cara tersendiri untuk mempromosikan atau mengenalkan kuliner mereka, salah satu cara yang paling sukses adalah melalui serial drama Korea yang punya banyak peminat. Kalian yang hobbi nonton drakor pasti sering kan melihat makanan-makanan khas Korea sering wira-wiri dalam setiap adegannya. Selain Gimbap dan Bibimbap, di wilayah Korea Selatan juga menawarkan kuliner berbahan dasar nasi yang tidak kalah unik dan lezat dibandingkan dengan lainnya. Tapi, mungkin beberapa dari kalian belum tahu tentang Ogokbap atau Korean Multigrain Rice ini. Ogokbap atau yang punya nama lain Jagokbap adalah nasi kukus campur yang lezat dan sehat terdiri dari campuran biji-bijian seperti gandum, millet putih, millet merah, kacang hitam, beras ketan dan kacang merah. Konon, pada zaman dahulu, sebagian besar orang Korea tidak cukup makan selama musim dingin yang panjang, sehingga mereka membuat nasi serealia dan sayur-sayuran kering yang bergizi. Menu andalan khas Korea Selatan ini akan sering disajikan pada perayaan di saat bulan purnama. Selain itu juga pada beberapa peristiwa yang memiliki makna mendalam bagi warganya.

2. Sushi dan Onigiri – Jepang

sushi dan onigiri atau nasi kepal, foto istimewa
sushi dan onigiri atau nasi kepal, foto istimewa

Di Jepang sendiri nasi sudah menjadi makanan pokok masyarakatnya. Banyak sekali jenis makanan dari olahan nasi yang bisa kalian jumpai saat berkunjung ke negeri sakura tersebut. Salah satunya yang cukup terkenal adalah sushi dan onigiri atau nasi kepal. Tidak ada yang dapat menolak kenikmatan sushi. Hampir di setiap negara, makanan olahan nasi asal Jepang ini dapat diterima dengan baik. Sekilas keduanya terlihat hampir mirip, karena keduanya menggunakan nasi sebagai bahan utama serta nori dan ikan sebagai pelengkap. Perbedaan keduanya terletak pada penggunaan cuka beras. Jika nasinya diberi cuka beras, meskipun bentuknya dibuat mirip onigiri, maka namanya adalah sushi. Namun kalau nasi dibiarkan hambar atau diberi garam saja, furikake, atau bumbu kecuali cuka beras, maka namanya menjadi onigiri. Selain itu, Sushi diciptakan untuk mengawetkan ikan, sedangkan onigiri berfungsi membuat nasi mudah dibawa-bawa dan dimakan sekaligus untuk membuatnya lebih tahan lama. Onigiri memiliki bentuk bulat atau segitiga dan dimakan dengan tangan tanpa menggunakan sumpit. Meski demikian, keduanya sama-sama memiliki citarasa yang lezat.

3. Risalamande – Denmark

Risalamande atau puding nasi khas Denmark, source pinterest
Risalamande atau puding nasi khas Denmark, source pinterest

Risalamande merupakan salah satu sajian nasi yang dimasak menjadi hidangan penutup yang cukup unik dengan tampilan menarik. Nasi khas Denmark ini dihidangkan dalam bentuk puding nasi yang dicampur dengan whipped cream, vanila, dan cincangan almond, lalu dihidangkan dalam keadaan dingin dan diberi topping saus ceri. Biasanya, risalamande disantap sebagai sajian Natal.

4. Kedgeree – Inggris

campuran nasi dengan perpaduan antara cita rasa Inggris dan India, source pinterest
campuran nasi dengan perpaduan antara cita rasa Inggris dan India, source pinterest

Kedgeree terbuat dari campuran nasi dengan bumbu kari dan rempah inggris. Ditambah daun seledri, telur rebus, krim dan sultana. Bumbu kari sangat dominan sehingga saat makan kedgeree seperti sedang makan nasi kari di India. Perpaduan antara cita rasa Inggris dan India berpadu di dalam menu ini dengan sensasi kari dan krimnya.