Menarik, ini dia 14 street food paling unik yang ada di dunia (foto: langkahawal.com)
Menarik, ini dia 14 street food paling unik yang ada di dunia (foto: langkahawal.com)

DOMIGADO – Deretan 15 street food ini terbilang unik, mulai dari bentuk, bahan, hingga rasa memiliki daya Tarik tersendiri. Seperti yang kita tahu, berbagai negara memiliki penyajian street food khas mereka yang memiliki ke-unik-an masing-masing. Street food atau kuliner jalanan, selalu memiliki tempat di hati pecinta kuliner. Nah, Dilansir dari laman phinemo, berikut adalah 14 street food unik yang ada di dunia.

1. Dango di Jepang

Dango atau Dang-o merupakan kuliner yang terbuat dari tepung beras layaknya pangsit Jepang (dumpling). Dango ini disajikan seperti layaknya sate dan dimasak di atas api di ruangan terbuka. Dango biasanya disajikan dengan kecap asin dengan taburan bumbu wijen. Harga per tusuk sangat terjangkau yaitu sekitar Rp 13 ribu atau £ 1. Hidangan ini bisa ditemui di berbagai street food dan kuil di Jepang.

2. Falafel di Israel

Falafel ini akan lebih nikmat jika ditambahkan saos putih khas Israel. Saat ini Falafel cukup populer di dunia dan hampir bisa ditemukan di mana-mana. Namun jika ingin mencicipi Falafel asli bisa datang ke Tel Aviv, kota di pesisir Israel. Rasanya sangat unik dan harganya cukup terjangkau.

Falafel klasik Israel terbuat dari kacang tanah yang dibumbui dengan jinten, ketumbar, paprika, bawang putih mentah, bawang merah, dan peterseli segar. Setelah diolah dan dicampur, lalu adonan akan digoreng dan dilapisi dengan semacam roti tipis dengan isian sayur mayur dan saus.

3. Bhel Puri di Mumbai

Bhel Puri ada di sebagian besar India, namun lebih banyak ditemeui di Mumbai. Bhel Puri merupakan cemilan yang banyak dijajakan di Mumbai, India. Bhel Puri merupakan kuliner bercita rasa unik dengan kombinasi asin, manis, dan pedas. Kuliner ini terbuat dari nasi, mie sohun goreng, sayuran, rempah-rempah, dan chutneys. Tekstur kuliner ini renyah, cocok dinikmati sebagai teman ngobrol.

4. Plov di Uzbekistan

Plov sangat dicari wisatawan karena rasa rempah yang unik. Plov adalah hidangan nasional Uzbek. Hidangan ini menampilkan beras pilaf yang panjang dengan irisan wortel, lada merah, biji jintan, dan potongan daging. Karena hidangan ini dibuat dengan mencampurkan banyak rempah-rempah, citarasanya tergolong kuat di lidah.

5. Arepas di Bogota

Akan lebih nikmat jika disajikan saat masih panas. Arepas merupakan hidangan kuliner mirip sandwich, bedanya roti yang digunakan diolah sendiri oleh penjual dan terbuat dari tepung jagung. Sebelum diisi dengan telur, sayuran, dan bayang, roti dipanggang sebentar agar mendapatkan tekstur yang sempurna untuk dinikmati. Hidangan ini biasanya dinikmati pada sore dan pagi dengan secangkir cokelat panas. Nikmat, bukan?