DOMIGADO – Malang bukan hanya kaya akan apel dengan kecantikan pantai maupun sejarah Singosari-nya. Namun ada tempat makan legendaris yang rugi jika kalian lewatkan ketika kaki telah memijaki bumi Arema. Agar tak tersesat makan, dan nantinya kapok jajan di Malang, sebaiknya kalian cermati sedikit ulasan 6 tempat makan legendaris di Malang yang menjanjikan kenikmatan ini.

1. Bakso Bakar Pak Man

Bakso Bakar Pak Man
Bakso Bakar Pak Man. (Foto tagar.id)

Malang identik dengan bakso. Di mana pun kalian jalan, sering kalian temui kan tulisan Bakso Malang di tempat kuliner. Bakso memang menjadi salah satu kuliner favorit khas kota Malang. Namun, berbeda dengan bakso lainnya karena yang satu ini yaitu diabakar. Dibanding dengan makanan lainnya, makanan khas Malang yang satu ini sebenarnya jenis kuliner yang masih tergolong baru. Bakso Bakar pertama kali diperkenalkan oleh Pak Man pada tahun 1997. Sebagaimana cara membuat bakso pada umumnya, Bakso Bakar dibuat dari daging sapi, digiling, direbus, dan kemudian dibakar. Tentunya sebelum dibakar, dilumuri terlebih dulu dengan bumbu-bumbu, saos, dan kecap. Sejak awal dibuka hingga sekarang Bakso Bakar Pak Man tidak pernah sepi pembeli. Bakso Bakar Pak Man berlokasi di Jalan Diponegoro No. 19A Malang. Mau api semangat juangmu semakin terbakar? Disinilah tempatnya!

2. Mie Gajah Mada

Mie Gajah Mada Malang (foto. tripadvisor.co.id)

Kalau makanan yang satu ini sudah jadi makanan wajib para wisawatan kuliner di Bumi Arema. Mie memang merupakan salah satu hidangan praktis yang banyak disukai oleh masyarakat selain bakso. Salah satu tempat makan legendaris yang menyediakan hidangan ini yaitu Mie Gajah Mada. Salah satu menu andalan di sini yaitu Pangsit Mie Ayam Jamur. Hidangan ini terdiri dari semangkuk mie dengan campuran daun selada, suwiran daging ayam, topping jamur kancing, wonton (siomay basah) serta diberi taburan bawang goreng dan daun bawang. Tak hanya mie ayam jamur, sajian mie pangsit lainnya dan es campurnya juga sangat direkomendasikan. Mie Gajah Mada berlokasi di Jalan Pasar Besar No. 17, Malang. Gampang banget kok cari tempat legend ini! Dekat dengan alun-alun Kota Malang Rek!

3. Soto Geprak Mbah Djo

Soto Geprak Mbah Djo ( Foto. blog.ivacanza.co)

Nah, yang ini makanan jadul yang turun temurun diwarisi para pemiliknya maupun bagi para pelanggannnya. Salah satu kuliner yang telah melegenda di kota Malang yaitu Soto Geprak Mbah Djo. Tempat makan ini telah dikenal sejak tahun 1959 lalu. Hidangan ini dinamakan Soto Geprak karena berawal dari kebiasaan Mbah Djo yang suka menggeprak daging dengan cara memukul-mukul hingga empuk. Berawal dari hal tersebut, kemudian dikenal dengan sebutan Soto Geprak Mbah Djo. Selain soto, tersedia juga sajian hidangan lainnya seperti bebek goreng, ayam goreng, bakso, dan aneka minuman. Soto Geprak Mbah Djo berlokasi di Jalan Letjen S. Parman Malang. Lokasinya yang strategis nggak akan bikin kamu para pendatang baru kebingungan mencarinya.