Jangan asal, ini tips memilih sikat gigi yang benar (foto: ShutterStock)
Jangan asal, ini tips memilih sikat gigi yang benar (foto: ShutterStock)

DOMIGADO – Menyikat gigi adalah salah satu perawatan tubuh wajib yang harus rutin kita lakukan. Mengingat frekuensi menyikat gigi yang dianjurkan, tentu sebaiknya kita harus cermat dalam memilih sikat gigi. Ada begitu banyak merek sikat gigi dipasaran, namun bagaimana cara memilih sikat gigi yang bagus dan tepat untuk mengoptimalkan kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut?

Dilansir dari laman Alodokter, meski terdengar sepele, pemilihan sikat gigi bisa sangat berpengaruh pada kesehatan gigi dan mulut. Jika sikat gigi yang digunakan salah, gigi dan gusi justru bisa jadi sakit. Agar fungsi sikat gigi optimal dan tidak malah merusak, ketahui cara memilih sikat gigi beserta cara merawatnya.

Terlepas dari aneka merek dan ragam sikat gigi yang ada, kamu harus mengutamakan sikat gigi yang bisa bekerja dengan optimal dan paling nyaman. Berikut adalah beberapa tips yang dapat menjadi pertimbangan dalam memilih sikat gigi yang tepat.

Tips memilih sikat gigi

Jangan asal, ini tips memilih sikat gigi yang benar (foto: ShutterStock)
(Foto: ShutterStock)

1. Ukuran

Pilihlah kepala sikat gigi dengan ujung mengecil, sehingga sikat gigi lebih mudah menjangkau seluruh permukaan gigi hingga ke bagian terujung. Pegangan juga perlu cukup panjang sehingga memudahkan untuk menggerakkannya.

Pilih juga sikat gigi yang ukurannya sesuai dengan ukuran mulut kamu. Sikat gigi yang terlalu kecil bisa membuat kamu kesulitan menyikat seluruh gigi dan menghabiskan lebih banyak waktu. Sementara itu, sikat gigi yang terlalu besar di mulut bisa menyenggol dan melukai gusi.

2. Jenis bulu sikat

Memilih jenis bulu sikat sebenarnya bergantung pada seberapa kuat kamu menyikat gigi serta kekuatan gusi dan gigi kamu. Pada label sikat gigi sering kali tertulis keterangan soft, medium, atau hard. Jika kamu memiliki gigi yang sensitif atau gusi yang mudah berdarah, pilihlah sikat gigi berbulu lembut (soft).

Jenis bulu sikat gigi yang lembut sebenarnya lebih direkomendasikan untuk khalayak umum karena risiko gusi terluka karenanya lebih kecil. Bulu sikat gigi yang sedang (medium) atau keras (hard) memang lebih efektif dalam membersihkan plak gigi. Namun, bulu sikat jenis ini dapat merusak gusi, akar gigi, dan bahkan lapisan pelindung gigi jika cara menyikat gigi kamu terlalu kuat.

(Foto: Oprah Magazine)

3. Sikat gigi elektrik

Sikat gigi elektrik dapat menjadi pilihan sikat gigi yang tepat untuk orang tertentu, seperti pengidap radang sendi atau lansia dengan kekakuan pada tangan, lengan, atau pundaknya. Orang yang menggunakan kawat gigi juga lebih mudah dan presisi saat membersihkan gigi dan kawat jika menggunakan sikat gigi bertenaga listrik.

Walaupun harga sikat gigi elektrik cukup mahal dibandingkan dengan sikat gigi manual, sebenarnya efektivitas kedua jenis sikat gigi ini tidak jauh berbeda. Selama kamu menyikat gigi dengan cara yang benar, baik sikat gigi manual maupun elektrik sama-sama ampuh dalam membersihkan plak pada gigi dan gusi.