uang kertas rupiah cetakan 2016
Ilustrasi (foto: waktuku.com)

DOMIGADO – Pasti kita setiap hari memegang uang kertas cetakan tahun 2016 kan? Dalam uang kertas ini terdapat banyak sekali perubahan dari warna, gambar, dan tata letak dibandingkan dengan uang kertas cetakan lama. Gambar pahlawan nasional dan pemandangan dalam uang kertas cetakan baru ini juga belum pernah ada di uang cetakan lama.

Dan yang paling penting yang perlu kamu tahu, bahwa pemandangan yang ada dalam uang kertas cetakan baru ini adalah foto beberapa tempat wisata terkenal di Indonesia. Penasaran di mana saja tempat wisata yang gambarnya ada di uang cetakan baru? Yuk kita berwisata ke 7 tempat menarik yang ada di cetakan uang kertas edisi 2016 ini.

1. Banda Neira dalam uang seribu rupiah

Banda Neira dalam uang kertas seribu rupiah
Banda Neira dalam uang seribu rupiah (foto: womanblitz.com)

Kalau membuka peta Maluku, letak Banda Neira berada di tenggara Kota Ambon. Pilihan transportasi hanya ada dua melalui laut atau udara. Itupun tidak setiap hari tersedia. Pulau Banda Neira merupakan pulau utama dalam gugusan Kepulauan Banda. Meskipun bukan pulau terbesar, namun pulau yang merupakan ibu kota Kecamatan Banda ini menyimpan berbagai obyek wisata alam, sejarah, dan bahari yang sangat layak untuk dikunjungi.

Kepulauan Banda Neira menjadi pusatnya keanekaragaman hayati. Dulu boleh jadi keanekaragaman ini tidak tergali, kalah oleh gelap matanya manusia oleh pamor pala. Namun Kepulauan Banda Neira kini disambangi demi keanekaragaman hayati yang ada di bawah permukaan lautnya.

Di Kepulauan Banda Neira ini memang tidak harus menyelam untuk mendapatkan pemandangan bawah laut yang indah, namun tentu saja bagi mereka yang memiliki lisensi menyelam, Kepulauan Banda Neira memiliki 25 titik selam, yang amat sayang jika hanya dinikmati hanya sekedar liburan akhir pekan.

2. Ngarai Sianok di uang pecahan dua ribuan

Ngarai Sianok di uang kertas pecahan dua ribuan
Ngarai Sianok di uang pecahan dua ribuan (foto: reservasi.com)

Tepat di pinggiran kota perbukitan Bukit tinggi di dataran tinggi Minangkabau, terletak ngarai yang menakjubkan yang oleh penduduk setempat disebut Ngarai Sianok. Panoramanya sangat indah di cahaya pagi hari ketika sinar matahari pertama menembus kabut yang menutupi lembah yang dalam ini. Disempurnakan dengan adanya latar Gunung Singgalang yang megah menjulang di latar belakangnya.

Ngarai Sianok memiliki jurang dengan kedalaman sekitar 100 m ini dan lebar sekitar 200m.  Jurang raksasa ini membentang sepanjang 15 km. Secara ilmu geologi, jurang dalam ini disebut sebagai bagian dari patahan yang memisahkan pulau Sumatera menjadi dua bagian memanjang (patahan Semangko). Patahan ini membentuk dinding yang curam, bahkan tegak lurus dengan lembah yang hijau di antara dua tebing. Di dasar jurang mengalir Sungai Batang Sianok yang airnya jernih.

Di sepanjang aliran sungai Batang Sianok masih banyak terdapat tumbuhan langka seperti Raflesia dan berbagai jenis tumbuhan obat obatan. Fauna yang dijumpai menghuni daerah ini meliputi: monyet ekor panjang, siamang, simpai, rusa, babi hutan, macan tutul, dan juga Tapir.

3. Gunung Bromo dalam uang lima ribu rupiah

Gunung bromo dalam uang kertas  lima ribu rupiah
Gunung bromo dalam uang lima ribu rupiah (foto: reservasi.com)

Gunung Bromo yang jelita menjadi salah satu destinasi kebanggaan warga Jawa Timur. Eksotisnya pemandangan gunung vulkanik juga bisa membuat Bromo terlihat seperti planet lain. Sebagai salah satu destinasi wisata, Gunung Bromo ini masih perlu diwaspadai karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif. Suhu di sekitar Bromo berkisar antara 3 – 20 derajat Celcius.

Sejarahnya, Gunung Bromo sudah mengalami lebih dari 50 erupsi sejak 1804. Karena aktivitas dari gunung vulkanik inilah Bromo punya lanskap yang unik. Wisatawan diimbau untuk tidak mendekat sampai radius 1 km. Namun dari jarak aman pun Bromo seperti tak kehilangan pesona. Kawah Bromo yang aktif memberikan pemandangan asap yang tak ada habisnya.

Pemandangan ini membuat kesan seolah-olah Bromo bukanlah bagian dari Bumi. Kawasan sekitar kawah terlihat gersang dan penuh debu vulkanik membawa imajinasi tentang kehidupan prasejarah yang pernah ada.