Stone Wars

DOMIGADO – Setelah episode terakhir dari anime Dr. Stone seasons pertama dirilis pada 13 Desember 2019 langsung diumumkan pada Dr. Stone akan memiliki season kedua. Dr. Stone adalah manga shonen yang sangat populer di Jepang bahkan di seluruh dunia hasil karya dari Riichiro Inagaki dengan ilustrasinya digarap oleh Boichi. Manga ini telah dimuat secara berseri menjadi bagian dari majalah manga Weekly Shonen Jump sejak Bulan Maret 2017. Versi cetak lepas atau tankobonnya telah dibundel dan diterbitkan oleh Shueisha menjadi 14 volume tankobon  hingga bulan Februari 2020. Seri adaptasi dari anime Dr. Stone ini diproduksi oleh TMS entertaiment.

Dr. Stone sendiri menceritakan bencana yang terjadi pada umat manusia. Kilatan cahaya mengubah umat manusia dan burung layang-layang tiba-tiba berubah menjadi batu. Setelah 3700 tahun membantu, anak jenius bernama Senku Ishigami  bangkit dan menemukan dirinya berada di dunia tempat di mana jejak peradaban manusia telah terkikis oleh waktu. Senku Ishigami menemukan cara untuk kembali menghidupkan orang lain. Senku Ishigami pun membangkitkan temannya Taiju Oki dan Yuzuriha Ogawa untuk membangun kembali peradaban mereka.

Bertujuan menciptakan dunia baru yang bebas dari korupsi

Masalah terjadi ketika salah satu manusia yang dihidupkan oleh Senku Ishigami yaitu Tsukasa Shishio menentang tujuan Senku Ishigami. Senku Ishigami memiliki tujuan untuk menciptakan dunia baru yang bebas dari korupsi seperti yang terjadi dunia sebelumnya. Senku Ishigami mendirikan Kerajaan Ilmu Pengetahuan. Ia bersekutu dengan suku manusia yang merupakan keturunan ayahnya. Senku Ishigami juga mendapatkan bantuan dari 5 astronot yang baru kembali ke bumi setelah proses pembatuan. Di sisi lain Tsukasa Shishio mendirikan Kekaisaran Kekuatan dengan menghidupkan orang-orang terkuat yang menjadi batu.

Konflik dan pertentangan ini akhirnya meningkat menjadi perang batu atau stone war antara kerajaan ilmu pengetahuan pimpinan Senku Ishigami dan kekaisaran kekuatan ciptaan Tsukasa Shishio. Senku Ishigami memiliki musuh baru kali ini yaitu kelompok yang menyebut diri mereka Kerajaan Batu. Kerajaan Batu kabarnya memiliki teknologi yang menciptakan kilatan cahaya yang merubah umat manusia menjadi batu. Sedikit demi sedikit, Senku Ishigami berusaha mengungkap misteri dibalik proses dibalik pembatuan dunia. Juga berjuang untuk kembali membangun peradaban manusia walaupun banyak sekali musuh yang menghadang dan menentangnya.

Kepopuleran Dr. Stone juga telah mencapai level internasional

Official Trailer season 2 Stone Wars

Crunchyroll pada acara Cruchyroll Expo yang diselenggarakan pada hari Jumat kemarin  tepatnya pada tanggal 04 September 2020 telah menampilkan visual terbaru untuk season kedua dari anime Dr. Stone. Seperti pengumuman yang telah dibuat sebelumnya. Musim kedua dari anime ini akan berfokus pada arc Stone War. Dimana kelompok-kelompok yang ada setelah manusia dibangkitkan saling bertarung dan berperang. Jika sebelumnya season pertama dari anime Dr. Stone tayang selama bulan Juli sampai bulan Desember 2019, anime Dr. Stone season kedua ini direncanakan akan mengisi awal tahun 2021mu pada bulan Januari.

Kepopuleran anime ini juga telah mencapai level internasional, dimana Viz Media telah melisensi manga ini di Amerika Utara. Penerbit Shuiesha juga telah merilis seri ini dalam Bahasa Inggris dan bersamaan dengan perilisan di Jepang. Versi Bahasa Inggrisnya diterbitkan di platform Manga Plus sejak Januari 2019.